Jika selama ini kamu mengira bahwa kamu akan selalu memiliki jumlah sel otak yang menurun terus sejak kamu dilahirkan, maka kamu akan salah. Berbagai riset menunjukkan bahwa kamu bisa meningkatkan otakmu tak peduli berapa usiamu, membuatnya kuat hari ini dan menjaganya untuk masa depan. Bahkan, berbagai jajak pendapat menemukan bahwa Alzheimer ternyata bukannya merupakan konsekuensi dari menjadi tua. Jika kamu ingin mencegah Alzheimer, maka waktu terbaik untuk melakukannya adalah hari ini, ketika kamu masih di usia paling muda untuk bisa mulai mengadopsi berbagai kebiasaan-kebiasaan sehat yang akan melindungi otakmu.

Begini caranya mencegah Alzheimer sejak dari usia muda.

Berjalan, bermain, bergerak

Menjaga agar tubuhmu selalu bergerak bisa menjernihkan otakmu dan membersihkannya dari fragmen protein yang diberi nama amiloid, yang dipercaya bisa diakumulasikan dan mengeruhkan otak orang-orang yang memiliki Alzheimer. Sayangnya, tidak ada obat yang bisa mengurangi level protein ini. Untuk mencegah Alzheimer terkait dengan amyloid, cara satu-satunya adalah dengan berolahraga. Jadi, bergeraklah, berjalanlah, menarilah di dapur, bermainlah dengan hewan peliharaanmu, dan berdirilah saat mengecek feed media sosial. Jadilah aktif setiap harinya. Setidaknya 20-30 menit bergerak hampir setiap hari hingga detak jantungmu meningkat ditambah olahraga resistensi akan membantumu. Jika kamu ingin konsisten, kurangi konsistensimu selagi kamu berolahraga setiap saatnya bukannya malah meningkatkannya. Ini juga akan membuatmu merasa makin bahagia.

Tantang otakmu

Salah satu cara yang paling sering diriset untuk mencegah Alzheimer dan dementia adalah dengan menantang otakmu sehingga menjadi fleksibel. Ini bukan berarti menyelesaikan teka-teki silang, artinya terus melakukan hal-hal baru yang menantang berbagai bagian berbeda dari otak. Bayangkan otak adalah sistem dua jalur, salah satunya dengan jalan buntu ketika ada penghalang di jalan sedangkan salah satunya adalah jalan yang memiliki rute-rute pengalih untuk digunakan. Saat kamu kesulitan mengingat nama, misalnya, otakmu sudah mencapai jalan buntu, namun jika ada jalan-jalan tikus lain, maka kamu akan bisa menemukan apa yang kamu cari. Kamu bisa mengasah jalan alternatif ini dengan berbagai aktivitas baru yang dalam seperti bicara tentang karakter-karakter kunci di novel bersama klub bukumu atau mengajari dirimu sendiri untuk memasak sesuatu yang berbeda.

Tidur cukup

Jika kamu tidak tidur cukup, maka kamu merampas potensi yang berharga dari otakmu. saat mata dan tubuhmu terlelap, otakmu memperbarui dirinya. Karena itu, tidur yang nyenyak dan cukup adalah cara terbaik untuk mencegah Alzheimer. Bahkan jika perlu, prioritaskan tidurmu dengan mengatur alarm untuk waktunya tidur. Jangan menunda-nunda. Bahkan ketika kamu merasa ada aktivitas lain untuk dilakukan s

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rasa Logam di Lidah? Ini Kemungkinan-Kemungkinan Alasannya Kamu Alami Dysgeusia

Apakah mulutmu merasakan seolah-olah kamu selama ini nyemil