Buah naga adalah buah yang eksotis dan lezat, serta sering dianggap sebagai “makanan super tropis” karena kekayaannya. Buah ini memiliki kualitas “di bawah radar” yang membuatnya kurang dikenal daripada banyak makanan buah dan makanan utama. Tidak hanya itu, buah  ini juga dikenal sebagai “pitaya atau pitahaya” yang berasal dari genus Stenocereus dan Hylocereus. Ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah, namun pemukim New World mungkin membawanya ke negara-negara Asia Tenggara seperti Kamboja, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina, dimanapun, buah naga tetap menjadi bagian penting dari asupan makanan.

Buah naga hadir dalam tiga varietas, yaitu kulit merah dengan daging merah, kulit merah dengan daging putih, dan kulit kuning dengan daging putih. Selain itu, buah naga juga ada yang  manis dan asam, tergantung pada spesies, bentuk, dan ukurannya. Dalam bentuk buah naga yang paling umum, bentuknya sedikit lebih kecil dari blewah. Saat kamu membukanya, teksturnya seperti kiwi, dan dagingnya diisi dengan biji hitam kecil yang membantu memperbaiki pencernaan. Selain itu, daging buah digunakan untuk membuat anggur dan bisa disaring ke minuman lain dan daun buah naga juga bisa direndam untuk teh yang sangat sehat.

Inilah beberapa mafat kesehatan yang akan kamu dpatkan degan mengonsumsi buah naga, antara lain :

  1. Meningkatkan Imunitas

Salah satu aspek yang paling menguntungkan dari buah naga adalah kemampuannya untuk memberikan dorongan pada sistem pertahanan tubuh kamu. Tingkat tinggi vitamin C yang ditemukan pada buah naga adalah salah satu aset terkuat untuk sistem kekebalan tubuh kamu, dan ini merangsang aktivitas antioksidan lain dalam tubuh juga. Mereka secara aktif mencari dan menghilangkan radikal bebas, produk sampingan yang berbahaya dari metabolisme sel, yang telah dikaitkan langsung dengan kondisi yang berpotensi fatal seperti kanker dan penyakit jantung.

  1. Alat bantu dalam pencernaan

Buah naga memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi, yang berarti dapat membantu tubuh kamu mengeluarkan sebagian besar gerakan ususnya, memfasilitasi kelancaran jalan melalui saluran pencernaan, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan cairan pencernaan. Dengan mengatur fungsi usus dengan serat makanan, buah ini membantu dalam mencegah berbagai kondisi seperti sembelit, sindrom iritasi usus besar, dan bahkan penyakit serius seperti kanker kolorektal.

  1. Sifat antibakteri

Kelebihan lain  dari buah naga adalah kualitas antijamur dan antibakterinya. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh, yang mempertahankan terhadap racun dan juga menghambat masuknya atau pertumbuhan infeksi jamur atau bakteri dalam sistem organ. Kamu juga akan menemukan bahwa itu merangsang regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan, sehingga luka dan memar akan sembuh dengan cepat.

Baca juga Dibalik Menyegarkannya Buah Semangka, Ternyata Banyak Banget Lho Manfaatnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Walaupun Sering Membuat Menangis, tetapi Daun Bawang Memiliki Banyak Manfaat Lho

Daun bawang berkaitan erat dengan bawang merah dan