Sebagai seorang wanita, mengurusi rambut adalah sesuatu yang cukup kompleks. Rambut bisa jadi sebuah bentuk identitas dan kebanggan, baik kamu memilik rambut tebal bergelombang maupun ramput pendek lurus berponi. Karena itu, melihat bahwa tiba-tiba helai-helai rambutmu jadi semakin tipis bisa membuat kita panik. Untungnya, menurut dokter, ada beberapa alasan yang membuat mengapa rambutmu bisa menjadi tipis. Apa saja penyebab-penyebab ini dan bagaimana caranya untuk membuat rambut kembali menjadi tebal indah?

Trauma

Trauma bisa merupakan trauma fisik, seperti menjalani sebuah operasi atau mengalami kecelakaan mobil. Trauma juga bisa merupakan trauma emosional, seperti kehilangan seseorang yang kamu sayangi atau memiliki hubungan percintaan yang membuat stress. Apa pun jenis traumanya, ini bisa membuatmu menjadi stress. Dan akibatnya, kamu bisa mengalami rambut rontok karena shock, atau biasa disebut telogen effluvium,, yang berlangsung hingga selama enam bulan dan biasanya bisa berhenti sendiri.

Jika ini terjadi, kamu harus lebih rajin menyayangi dan merawat dirimu sendiri. Makanlah makanan yang kaya vitamin B serta biji-bijian utuh, protein, dan sayuran dengan daun hijau tua. Ini semua bisa melawan kerontokan rambut sehingga rambutku tidak lagi menjadi tipis. Suplai juga tubuhmu dengan vitamin biotn, keratn, dan niacin yang berguna untuk rambut.

Terlalu sering mengutak-atik rambut

Apakah kamu mewarnai rambutmu? Apakah kamu bisa menggunakan pelurus atau pengeriting rambut setiap hari? Apakah kamu menyemprot spray dan styling gel setiap saat? Semua ini bisa jadi keterlaluan buat rambutmu, yang bisa menambahkkan tekanan dan membuat rambutmu stress atau tegang yang mendorong kerontokan dan membuat rambutmu menjadi tipis. Mengikat rambutmu dengan terlalu erat juga bisa membuat rambutmu jadi rapuh, sehingga bisa patah dan membuat rambutmu tiba-tiba menjadi tipis.

Jika kamu merasa sering melakukan ini, kamu harus mulai berhati-hati. Semakin kamu membiarkan rambutmu secara alamiah, semakin baik ini buat rambutmu. Pilihlah warna dan tekstur rambut yang natural saja sembari menunggu rambutmu pulih dan pilihlah shampoo dan kondisioner yang lembut dan bebas sulfat. Jika kamu selalu mengikat atau menata rambutmu, coba membiarkannya bebas agar rambutmu bisa lepas dan kembali kuat. Coba juga suplemen-suplemen rambut yang kaya biotin, vitamin, dan mineral.

Masalah hormon atau medis

Penipisan rambut yang tiba-tiba juga bisa jadi pertanda dari anemia, sebuah kondisi hormonal yang biasanya sangat terkait dengan peristiwa hidup seperti kehamilan dan kelainan kelenjar tiroid yang sangat umum terjadi pada wanita. Jika ini alasannya, maka biasanya juga ada gejala lain seperti penurunan level energi, kekeringan kulit, dan masalah berat badan. Fluktuasi hormol juga bisa menyebabkan jerawat dan perubahan siklus menstruasi.

Jika kamu merasa ada hubungannya dengan hormone atau obat-obatan, temui doktermu untuk mendapatkan tes yang menyeluruh. Ia juga akan memberi rekomendasi cara untuk menanganinya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Kesulitan Bangun Pagi? Berikut 5 Tips yang Dapat Membantu Kamu untuk Bangun Pagi

Bangun pagi memang menjadi permasalahan yang sulit bagi