Kehamilan adalah sebuah rejeki yang patut disyukuri. Momen hamil adalah masa yang sangat berharga bagi seorang ibu. Namun, ini juga biasanya masa yang paling berat. Selain harus ekstra hati-hati agar kehamilan terjaga, ada juga hal-hal sehari-hari yang merupakan cobaan terhadap emosi. Remeh, memang. Tapi dampaknya bisa jadi luar biasa.

Dikomentari Tentang Berat Badan

Semua orang juga tahu bahwa berat badan wanita akan naik drastis ketika hamil. Fakta ini terjadi pada setiap calon ibu sejak awal terbentuknya waktu. Namun, masih saja ada orang yang mengomentari calon ibu tentang kenaikan berat badan itu. Maksudnya memang tidak jahat, namun banyak ibu hamil yang merasa terganggu dengan komentar-komentar semacam, “Wiih, jadi besar banget ya badannya, Jeng. Kembar?”

Sadar Betapa Jauhnya Kaki dari Tangan

Ini mungkin terdengar aneh, tapi terjadi pula pada ibu hamil. Ketika sedang tidak hamil, menyentuh kaki bukan hal yang sulit. Jadi jika kita harus menalikan sepatu, dengan mudah kita bisa melakukannya bahkan sambil tetap berdiri dan membungkuk. Namun, ketika sedang hamil, hal ini menjadi mustahil. Memanjakan diri sendiri dengan pedicure DIY di rumah pun hanya sekedar mimpi. Menjatuhkan makanan di dapur? Akan lebih mudah jika punya hewan peliharaan yang bisa langsung memungut dan menyantapnya.

Buang Air Kecil

Dengan segala perubahan hormon dan tekanan pada area kemih karena janin yang berkembang, calon ibu memiliki hasrat buang air kecil yang tidak berhenti-henti. Jadi, jangan heran jika pada keehamilan kamu, kamu jadi jauh lebih sering ke toilet. Yang mungkin akan membuat kamu heran adalah fakta bahwa hal-hal kecil bisa membuat kamu mengompol, seperti tertawa, batuk., bersin, dan bahkan berolahraga!

Melihat Sang Suami Tidur Dengan Nyaman

Kamu mungkin akan cemburu melihat pasangan kamu bisa berubah-ubah posisi tidur sepanjang malam. Ibu hamil cenderung hanya menemukan satu posisi saja agar bisa tidur nyenyak. Ada yang hanya bisa tidur menyamping, tengkurap, atau telentang. Bahkan posisi yang salah bisa bukan hanya bisa membuat sang ibu hamil terbangun dengan tubuh capek dan sakit, tapi juga mengalami paralysis dalam tidur! Menurut ahli, sebaiknya paling baik untuk tidur menghadap kiri. Usahakan bisa tidur senyaman mungkin dengan posisi menyamping ini, ladies. 

Menyidam Saat Hamil

Seorang ibu hamil harus tahan menghadapi godaan rasa ingin makan yang tak pernah berhenti. Namun, bukan hanya itu, nyidam atau mengidam makanan tertentu sudah jadi hal yang pasti. Ini bisa menimbulkan kebiasaan berlebih selama hamil dan berujung pada meningkatnya berat badan. Antara 50-90% calon ibu mengalami hal ini, jadi jangan harap bisa lepas. Es krim? Ayam pedas? Mangga muda? Bahkan makanan aneh-aneh pun kadang muncul di pikiran, dan tidak akan bisa kamu lawan.

Jika Ada yang Makan Makananmu

Kadang, kamu berusaha menahan diri untuk tidak menghabiskan seember es krim yang sedang kamu simpan di kulkas, sesering apapun godaan untuk melakukannya muncul. Namun, jika ada orang lain yang menghabiskannya… kamu bisa marah habis-habisan! Calon ibu cenderung memiliki mood swing yang ekstrim. Pulang dari kerja dan menemukan makanan favoritmu habis akan menyulut emosimu sampai ke ubun-ubun.

Konstipasi Setiap Hari

Selain terus-terusan ingin pipis, kamu mungkin juga akan mengalami ini. Banyak wanita dalam kehamilannya yang akhirnya mengerti tidak enaknya konstipasi setiap hari, jadi kamu tidak perlu khawatir jia ini terjadi. Bahkan, berdasarkan riset, tiga dari empat ibu hamil akan mengalami konstipasi, diare, atau gangguan buang air besar lain. Merepotkan, ya?

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mau Beli Sport Bra? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini Biar Nggak Salah Pilih

Sport bra mungkin adalah salah satu item yang