Air merupakan hal vital dalam menunjang kehidupan seseorang. Akan tetapi tidak sedikit dari kita yang kurang bahkan tidak memiliki pemahaman tentang pentingnya air putih bagi tubuh serta kapan waktu terbaik untuk minum air putih

Kekurangan air dalam tubuh dapat menimbulkan dehidrasi. Tidak hanya sampai situ saja, ternyata dehidrasi yang kita alami dapat menimbulkan efek yang fatal bagi tubuh, yaitu meningkatkan kekentalan aliran darah yang memicu peningkatan kinerja organ-organ tubuh seperti jantung, ginjal dan otak .

Untuk memaksimalkan manfaat dari air putih bagi tubuh maka penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan harus dihindari saat mengkonsumsi ari putih

Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Tidur

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh jika membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur. Seperti melindungi tubuh dari dehidrasi, memperlancar proses detoksifikasi, memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh ketika kita tidur, hingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Anjuran meminum air putih setelah bangun tidur tentu bukan tanpa alasan, karena ternyata minum air putih saat bangun tidur dapat membantu menyingkirkan racun serta radikal bebas yang terakumulasi dalam tubuh ketika kita sedang tertidur lelap semalaman.

Segeralah Minum Ketika Merasa Haus

Rasa haus merupakan indikator bahwa tubuh mengalami dehidrasi, jika sudah merasa haus maka segeralah minum untuk mencegah efek dari dehidrasi tersebut seperti, kelelahan, menurunnya produktifitas serta adanya perubahan mood. Terlebih lagi jika kamu tinggal di daerah dengan cuaca yang cukup panas maka biasakan untuk selalu sedia air putih demi menghindari dehidrasi.

Biasakan Untuk Minum Sambil Duduk

Minum air sambil duduk dianggap sebagai parktik terbaik karena dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh. Minum sambil duduk membuat kita menjadi lebih rileks sehingga air yang masuk kedalam tubuh mengalir secara pelan dan perlahan. Dan hal tersebut baik untuk mengurangi kerusakan dinding perut, serta dapat membantu kelancaran transportasi air dalam tubuh.

Hindari Minum Sambil Berdiri

Terdapat beberapa permasalahan yang akan muncul apabila seseorang minum sambil berdiri. Ketika minum sambil berdiri maka kita tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Jika air tidak dikonsumsi dengan cara yang benar maka akan memberikan efek yang buruk dan timbulnya resiko permasalahan kesehatan

Seperti dapat menyebabkan radang sendi, karena ketika minum sambil berdiri maka mengganggu keseimbangan  cairan dalam tubuh sehingga cairan dengan jumlah yang besar akan menumpuk pada sendi dan menyebabkan artritis.

Permasalahan lainnya adalah timbulnya penyakit kolik karena air yang mengali kedalam tubuh mengalir dengan sangat cepat maka terjadi pencampuran dengan asam diperut.

Hindari Minum Air dengan Kandungan Mineral yang Tidak Maksimal

Meskipun kita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan meminum air putih, akan tetapi kita harus memahami air apa saja yang baik dan tidak bagi tubuh. Terdapat beberapa air yang serupa dengan air putih tetapi harus dihindari untuk dikonsumsi seperti air keran, air suling yang tidak melalui proses sterilisasi terlebih dahulu. Sehingga apabila dikonsumis akan memberikan efek buruk bagi tubuh.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/yuk-biasakan-minum-air-putih-sebelum-tidur-agar-kamu-memperoleh-berbagai-manfaat-ini/

http://www.tampilcantik.com/ini-caranya-air-putih-dapat-membantu-menurunkan-berat-badan-bukan-diet-air-putih/

http://www.tampilcantik.com/suka-lupa-minum-air-putih-seharian-ingatkan-diri-kamu-untuk-selalu-meminum-air-putih-dengan-cara-berikut/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Kebiasaan yang Wanita yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Sejak kecil, kita diajarkan bahwa minum alkohol dan