“Kulit kering ditandai oleh lebih sedikitnya kelenjar penghasil minyak pada wajah dan tubuh,” kata Ross C. Radusky, seorang dokter kulit bersertifikat di SoHo Skin & Laser Dermatology. “Sebaliknya, kulit yang mengalami dehidrasi mengalami kekurangan air, bukan minyak. Jadi, kamu sebenarnya bisa saja memiliki kulit yang berminyak tetapi juga  memiliki kulit yang dehidrasi.”

Sebagian besar dari kita memahami dampak negatif dari dehidrasi pada kesehatan kita secara keseluruhan, tetapi siapa tahu itu berpotensi menimbulkan kekacauan yang terlihat jelas di wajah kita?

Berikut ini adalah tiga langkah untuk deteksi kulit kering atau dehidrasi beserta cara mengatasi masalah kulit, menurut para ahli :

Langkah 1 : Diagnosis

Pada dasarnya, kekeringan mengacu pada jenis kulit, dan dehidrasi mengacu pada kondisi kulit. “Kulit kering kekurangan minyak karena menghasilkan lebih sedikit sebum dari kulit normal. Kurangnya sebum berarti kulit tidak memiliki lipid yang dibutuhkan untuk mempertahankan kelembaban,” kata Tata Harper, pendiri Tata Harper Skincare.

Kulit dehidrasi tidak memiliki cukup air. Dehidrasi disebabkan oleh banyak faktor eksternal, tetapi yang paling umum adalah cuaca, lingkungan, diet, dan konsumsi kafein, yang semuanya dapat mengakibatkan berkurangnya kadar air di dalam kulit.

Cara mengetes kondisi kulit yang bagus adalah dengan mencubit pipi kamu. Jika kulit kamu berkerut dengan tekanan lembut, maka sel-sel kulit kamu sangat membutuhkan air. Dia juga mencatat bahwa kulit dehidrasi akan terasa kencang, terlihat kusam di cermin, dan kamu mungkin melihat kerutan yang lebih berlebihan dengan lingkaran hitam yang berlebihan di bawah mata.

“Tanda-tanda umum kulit dehidrasi adalah kemerahan dan peradangan,” tutur Kate Somerville, ahli kecantikan paramedis dan pendiri Kate Somerville Skincare.

Di sisi lain, kulit kering cenderung tidak nyaman, bersisik, dan gatal. Daerah terburuk biasanya di dekat alis dan di sekitar sudut hidung dan mulut. Pada bagian tubuh, area masalah kulit kering biasa terjadi di leher, bagian dalam lengan, dan paha. Dalam keadaan paling buruk, menggosok kulit kamu mungkin akan terdengar seperti menggosok amplas halus dan serpihan kulit yang agak kering berjatuhan.

Langkah 2 : Perawatan

Untuk kulit kering, ada sejumlah cara untuk menenangkan kulit kering misanya dengan tambahan asupan antioksidan. Sebaliknya, dehidrasi adalah cerita yang berbeda. Walaupun hidrasi adalah kunci jika kamu menderita kulit dehidrasi, ada beberapa pilihan perawatan di rumah lainnya yang perlu dipertimbangkan. Inilah beberapa perawatan untuk kulit dehidrasi :

  • Hilangkan Sel Kulit Mati
  • Tambahkan Serum di Rutinitas Skincare
  • Gunakan Lebih Banyak Pelembab di Malam Hari
  • Perhatikan Musim dan Cuaca, Sesuaikan dengan Skincare Kamu
  • Pastikan Kamu Minum Cukup Banyak Air

Langkah 3 : Pemeliharaan

Kulit kering adalah kondisi kulit yang melekat yang akan bertahan untuk seoanjang  hidup kamu.  Sedangkan dehidrasi lebih cenderung pada keadaan kulit kamu yang sangat mungkin dapat kamu perbaiki.

“Ketika terhidrasi, sel-sel kulit kita membengkak karena air dan ini bisa menjadi hal yang luar biasa. Kandungan air yang cukup pada sel kulit akan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan, dan umumnya membuat kulit kita terlihat sehat.”

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/kenali-kulit-kering-dan-kulit-dehidrasi-beserta-cara-menjaga-kulit-tetap-terhidrasi/

http://www.tampilcantik.com/masalah-kulit-kering-memang-bikin-bete-yuk-pelajari-cara-perawatan-yang-aman/

http://www.tampilcantik.com/siapa-yang-mau-memiliki-kulit-kering-pasti-gak-ada-kan-makanya-coba-tambahkan-air-mawar-dalam-perawatan-kecantikan-kamu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tips Pijat Kepala untuk Menghilangkan Kerutan

Jika kamu merawat kulit dengan baik, mengunjungi ahli