Jantung adalah bagian tubuh pada manusia yang sangat penting. Selain itu, jantung adalah bagian tubuh yang bekerja paling berat. Bagian tubuh yang satu ini juga tidak pernah beristirahat  sedikit pun. Biasanya bagian tubuh lain akan beristirahat saat kita sedang tidur. Tetapi saat kita tidur jantung tidak pernah berhenti bekerja, dia harus tetap memompa darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Oleh Karen aitu kamu mempunyai kewajiban untuk menjaga kesehatannya. Terkadang kita tidak memperhatikan detak jantung kita sendiri. Kebanyakan orang beranggapan bahwa jantung yang berdenyut menandakan kita sehat dan akan terus hidup. Karena seberapa cepat jantung berdetak maka hal itu mempengaruhi kesehatan kita. Semakin cepat jantung kamu berdetak menandakan kamu tidak sehat. Llau apa penyebab yang membuat detak jantung kamu tidak wajar? Ini dia beberapa penyebab yang membuat jantung berdetak tidak wajar, antara lain :

  1. Stres

Penyebab pertama yang membuat detak jantung kita tidak normal adalah karena pengaruh stress. Entah itu stress karena pekerjaan atau masalah lainnya akan memicu percepatan denyut jantung. Karena tubuh yang mempunyai banyak tekanan dan pikiran akan memicu mekanisme pertahanan tubuh. Hal tersebut akhirnuya menimbulkan kecemasan. Untuk membuat detak jantung kamu kembali normal, kamu harus melakukan pernapasan. Kamu bisa melakukan pernapasan yang dalam dan relaksasi.

  1. Kafein

Penyebab selanjutnya yang membuat detak jantung tidak normal mengonsumsi kafein. Karena menurut beberapa ahli, setiap minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat atau jantung menjadi berdebar dan tidak normal. Oleh karena itu kamu harus mengurangi mengonsumsi  minuman yang mengandung kafein, seperti kopi agar detak jantung kamu selalu stabil dan tidak berdetak dengan cepat.

  1. Dehidrasi

Penyebab selanjutnya yang membuat jantung kamu berdetak tidak normal adalah karena dehidrasi. Setiap hari kamu perlu minum air minimal delapan gelas dalam sehari, karena sebagian besar tubuh kita berisi air. Jika kamu kekurangan air, maka akan membuat kamu dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah menurun dan tidak seimbangnya elektrolit tubuh. Hal tersebut akan membuat akan membuat jantung bekerja lebih cepat dan berdebar.

  1. Kebanyakan Makan

Penyebab selanjutnya yang membuat jantung kamu berdetak tidak normal adalah karena kebanyakan makan.apalagi makanan yang kamu konsumsi mengandung banyak lemak, hal ini akan memicu jantung kamu berdetak dengan cepat. Ini terjadi karena jantung harus bekerja keras untuk melakukan pembakaran energiuntuk membantu proses pencernaan. Jadi kurangi makan kamu, dan makan dengan porsi yang secukupnya.

  1. Asam Lambung

Penyebab terakhir yang bisa membuat jantung berdetak dengan cepat adalah karena asam lambung yang tinggi. Hal ini dikarenakan letak esofagus yang dekat dengan jantung, dan membuat daerah sekitar jantung menjadi iritasi.

Baca juga 5 Penyakit Autoimun yang Harus Dikenali Wanita

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Alamiah Menurunkan Berat Badan yang Sudah Pasti Efektif dan Tak Bahaya

Menurunkan berat badan bisa jadi sebuah perjuangan yang