Minum tentu menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi. Pilihan minuman pun banyak sekali mulai dari teh, susu, kopi, jus dan lainnya. Ternyata ada waktu terbaik dalam menikmati minuman lho. Berikut ini ulasannya.

1. Kopi

Kopi sudah sangat populer sebagai minuman yang diandalkan untuk menghadapi hari sehingga kerap diminum saat pagi hari. Kopi memang menjadi minuman yang bisa menjadikan kamu tetap bisa terjaga. Tapi perlu kamu tahu jika ternyata minum kopi saat pagi hari justru bisa mengganggu jam biologis pada tubuh. Tiap orang mempunyai jam biologisnya masing-masing. Jam tubuh inilah yang bisa mengatur lepasnya hormon kortisol yang mempunyai efek mirip kafein sehingga menjadikan otak terbangun.

Lepasnya hormon kortisol ini paling tinggi adalah sekitar pukul 8 hingga 9 pagi. Apabila kamu meminum kopi di waktu ini, maka proses pelepasan dari hormon kortisol justru akan bisa terhambat. Tak hanya itu, jika kamu terlalu sering dalam minum kopi ketika hormon kortisolnya sedang tinggi, maka hal ini akan bisa menjadikan tubuh justru ingin lebih banyak kafein dibanding jumlah batas dari toleransi tubuh pada kafein. Untuk itu, waktu terbaik minum kopi yakni jam 9 hingga jam 11 pagi atau jam 1 hingga jam 5 sore.

2. Teh

Teh juga mirip dengan kopi dimana memiliki kandungan kafein. Untuk waktu menikmati teh yang tepat pun hampir mirip dengan kopi yakni jam 9 hingga jam 12 serta jam 1 siang hingga jam 3 sore. Teh juga memiliki ragam jenis mulai dari teh hitam, teh hijau dan lainnya. Di dalam teh sendiri terkandung tanin dimana bisa menekan kinerja dari kafein. Hal ini yang menjadikan efek kafein yang ada di teh tak sekuat seperti di kopi.

Teh pun memiliki kandungan theanine dimana mampu memberi efek relaksasi. Untuk itu konsumsi teh saat siang hari bisa terbukti jadikan tubuh tak mudah merasa ngantuk. Maka dari itu teh cocok diminum usai jam makan siang.

3. Jus

Jus dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Banyak yang suka minum jus buah saat pagi atau siang hari demi mendapatkan kesegaran tubuh. Sebetulnya untuk waktu minum jus terbaik adalah ketika malam hari yakni jam 6 malam sampai jam 10 malam. Meski demikian ada juga jus yang direkomendasikan diminum ketika pagi hari yakni jus tomat.

Jus jeruk lebih direkomendasikan diminum kala malam hari karena kandungan vitamin C yang tinggi. Hal ini akan memberikan efek dimana kulit mudah sekali menyerap sinar UV di luaran.

4. Jus sayur

Mengingat sayur adalah bahan utama dalam membuat jus, maka sebetulnya jam berapapun kamu meminumnya tidak menjadi masalah. Tapi jika kamu sedang dalam masa program diet, maka ada baiknya meminum jus sayur ketika pagi hari. Minum jus 2 jam usai jam makan siang juga baik sehingga bisa jadi tambahan untuk nutrisi pada otak. Tetapi dari semuanya, jam terbaik minum jus sayur adalah jam 3 hingga jam 4 sore.

Untuk minuman yang paling penting adalah air putih. Pastikan setidaknya minum 6 hingga 8 gelas air putih tiap harinya.

Baca Juga Resep Minuman Energi Buatan Rumah Terbaik Ada di Sini Lho!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mual Saat Menstruasi Bisa Diatasi Dengan Cara Ini Ladies

Menstruasi menjadi hal alami yang terjadi pada tubuh