Tahukah kamu, bahwa kulit kering dan kulit dehidrasi itu seakan-akan sama tetapi sejatinya berbeda? Jangan salah, kulit yang berminyak juga bisa mengalami dehidrasi. Pasti kamu bertanya-tanya, “Kok bisa?” Nah, mari kita simak perbedaan kulit kering dan kulit dehidrasi.

Ross C. Radusky, seorang dokter kulit profesional menjelaskan bahwa kulit kering ditandai dan disebabkan oleh kekurangan kelenjar penghasil minyak pada wajah dan tubuh. Sedangkan, kulit dehidrasi adalah kulit yang mengalami kekurangan air, bukan kekurangan minyak. Jadi, akan sangat mungkin jika kamu memiliki kulit yang berminyak, tapi kamu mengalami kekurangan air pada kulit alias dehidrasi.

Dehidrasi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, begitu juga dengan kulit yang dehidrasi. Berikut ini adalah tiga langkah untuk menjaga agar kulit kamu tetap sehat dan terhidrasi dengan baik :

  1. Diagnosis

Pada dasarnya, kering mengacu pada jenis kulit sedangkan dehidrasi mengacu pada kondisi kulit. Kulit yang kering kekurangan minyak karena hanya menghasilkan sedikit sebum. Padahal sebum diperlukan untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari masalah eksternal. Sedangkan, kulit dehidrasi adalah kasus di mana kulit tidak memiliki kandungan air yang cukup karena berbagai faktor eksternal seperti cuaca, lingkungan, program diet dan konsumsi kafein yang menyebabkan berkurangnya kadar air dalam kulit.

Kamu bisa coba mencubit pipi kamu. Jika pipimu tidak mempertahankan bentuknya namun justru berkerut, berarti kulitmu mengalami dehidrasi. Kulit yang kekurangan air akan terasa kencang, terlihat kusam dan mengalami kerutan. Sedangkan untuk kulit kering, hal yang timbul biasanya adalah gatal atau bersisik. Biasanya ada di daerah dekat alis, sudut hidung atau mulut.

  • Perawatan

Perawatan untuk kulit kering adalah dengan berusaha melembapkannya. Pertama-tama, bersihkan sel-sel kulit mati supaya pelembap kulit bekerja lebih optimal. Kemudian, kamu bisa menggunakan pelembab yang lebih berat di malam hari. Perawatan untuk kulit dehidrasi adalah dengan memberi kulit hidrasi yang cukup. Caranya adalah dengan minum air yang cukup. Hidrasi internal sangat penting, minumlah banyak cairan diimbangi dengan makan buah dan sayur. Hidrasi juga dapat dilakukan dengan mengaplikasikan serum sebelum mengaplikasikan pelembab apapun di kulit. Berbagai perawatan untuk kulit, baik itu untuk kulit kering atau dehidrasi harus selalu memperhatikan dan menyesuaikan musim.

  • Pemeliharaan

Kulit kering adalah kondisi kulit yang akan bertahan lama dalam hidup kamu. Sedangkan, kulit dehidrasi adalah masalah yang dapat kamu perbaiki. Ketika memikirkan tentang kandungan air dalam tubuh, mungkin akan terbesit di pikiran tentang jika kebanyakan air, perut akan menjadi kembung dan tubuh bisa menjadi bengkak. Hal ini sama seperti keadaan kulit kita. Jika kulit mendapat hidrasi yang cukup, kerutan-kerutan di kulit tidak lagi terlihat dan kulit akan tampak lebih segar. Dehidrasi yang terjadi pada kulit memang dapat disembuhkan dengan cepat jika segera mengonsumsi banyak cairan. Tetapi, untuk mengatasi dehidrasi secara instan dan cepat, kamu bisa menggunakan facial mist sepanjang hari atau masker pelembab seminggu sekali.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/mengenal-berjuta-manfaat-petroleum-jelly-untuk-perawatan-keseharian/

http://www.tampilcantik.com/masih-pemula-dalam-urusan-perawatan-wajah-ini-lho-basic-skincare-yang-wajib-kamu-punya/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-manfaat-creambath-dan-saran-perawatan-rambut-yang-bisa-kamu-lakukan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Mengatur Pengeluaran Bagi Pecinta Skin Care

Saat ini skin care atau produk kecantikan sudah