Kondisi keracunan makanan bukan merupakan kondisi yang langka terjadi. Keracunan makanan menjadi kondisi yang butuh penanganan secara tepat dan juga cepat. Untuk itu, kamu juga harus tahu cara mengatasi keracunan sebelum bantuan dari medis tiba. Pertolongan pertama harus segera dilakukan sehingga bisa cegah kondisi penderitanya menjadi makin parah dan beresiko lebih tinggi. Tapi ternyata keracunan sendiri bukan hanya tentang keracunan makanan lho. Yuk cari tahu lebih dalam tentang keracunan.

 

Kondisi keracunan sendiri bisa terjadi ketika seseorang menghirup, menelan hingga menyentuh zat berbahaya untuk tubuh. Gejala dari keracunan yakni sakit perut, muntah, diare, hilangnya nafsu makan, sulit menelan, sesak napas, bibir membiru, kejang sampai hilang kesadaran. Jika memang kamu atau seseorang di sekitarmu terlihat memiliki gejala keracunan, maka tetaplah tenang dan hubungi rumah sakit segera. Namun, sebelum tim medis datang membantu, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

 

Racun tertelan

Jika kasusnya adalah racun tertelan, maka ini beberapa cara untuk bisa mengatasinya:

  • Mintalah penderita untuk ludahkan sisa dari racun yang masih di mulut, tapi jangan memaksa penderita agar bisa memuntahkan racun tertelan lantaran akan bisa bahaya.
  • Apabila memang penderita muntah dengan tidak sengaja, maka segeralah untuk bersihkan mulut dan tenggorokan penderita. Mudah sekali caranya yakni dengan membalut kain bersih pada jari dan juga tangan kamu dan kemudian pakai jari kamu untuk bersihkan mulut dan tenggorokan penderita.
  • Apabila penderita kemudian tidak sadarkan diri, maka coba untuk bangunkan dirinya dan minta dirinya agar meludah sisa racun yang ada di mulut.
  • Baringkan penderita pada posisi miring pada arah kiri lalu beri bantal dan penyangga di punggung. Tariklah dan kemudian tekuk tungkai atas ke arah depan. Posisi seperti ini disebut dengan posisi pemulihan.
  • Apabila penderita keracunan ini sadar, mintalah dirinya untuk duduk lalu pastikan jika penderita tetap sadar sampai tim medis yang kamu panggil datang.
  • Apabila zat berbahaya terkena baju dan kulit, bersihkan segera.
  • Prosedur CPR wajib dilakukan jika korban tidak bernapas dan kamu memang bisa melakukan prosedur ini.

 

Racun terhirup

Jika kasusnya adalah racun terhirup, maka inilah beberapa pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan:

  • Jika kondisinya adalah menghirup racun dari udara tercemar, bawa keluar dari lokasi sehingga bisa hirup udara yang kondisinya lebih bersih.
  • Apabila penderita muntah di posisi berbaring, maka miringkan kepala ke samping sehingga mencegah tersedak.
  • Jika penderita tak responsif atau tidak bernapas, maka lakukan CPR sampai bantuan dari medis datang.

 

Racun terkena kulit

Dalam mengatasi racun terkena kulit, maka langkah ini bisa kamu lakukan:

  • Apabila kulit terkena zat beracun, lepaskan pakaian yang dipakai itu memakai sarung tangan. Wajib hati-hati dan waspada lho ya.
  • Bersihkan kulit dengan cara dicuci memakai air mengalir dan sabun setidaknya 20 menit.
  • Apabila kondisi kulit nampak kian parah dan membengkak, maka jangan disentuh. Tunggu saja bantuan medis datang sehingga bisa meminimalisir risiko kondisi kulit yang lebih parah dan berat.

 

Baca Juga :

Hati-hati !!! Kombinasi Makanan Ini Ternyata Beracun

3 Cara Mengatasi Keracunan Makanan Secara Alami

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Faktor Yang Memungkinkan Pasangan Untuk Yang Sulit Memiliki Keturunan

Anak tentu menjadi anugrah yang amat besar untuk