Jika membicarakan kecantikan wanita, maka selalu saja menghubungkannya dengan make up. Meski pendapat ini tidak sepenuhnya bisa dianggap salah, tapi alangkah baiknya jika kecantikan bisa ditunjukkan dengan sehatnya kulit. Salah satu perawatan kecantikan yang dipilih oleh wanita demi dapatkan kulit sehat yakni dengan penggunaan masker.

Masker umumnya memberikan manfaat untuk dapat mengecilkan pori, menyerap hingga mengurangi kadar minyak yang berlebih sampai mengangkat sel kulit yang mati. Masker pun bisa memberi efek tenang sehingga kamu pun tidak harus pergi ke salon demi melakukan perawatan relaksasi. Karena kinerjanya yang bagus, maka banyak para ahli kecantikan yang merekomendasikan penggunaan masker setidaknya dua kali per minggu.

Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, maka jangan sampai salah dalam memilih masker. Berikut ini beberapa tips memilih masker yang sesuai dengan jenis kulit.

1. Kulit wajah kering

Ciri dari pemilik kulit kering yakni pori yang seperti tidak terlihat, kurang elastis dan tampak kusam. Dengan kelembaban yang minim, maka kulit pun akan mudah retak. Jika kamu termasuk pemilik jenis kulit kering, maka ada baiknya untuk memilih masker alami terbuat dari buah. Buah sendiri mengandung banyak vitamin dan juga mineral sehingga bisa berfungsi untuk mengenyalkan kulit. Untuk kulit kering sangat tidak disarankan penggunaan masker dengan bahan lumpur atau yang populer disebut clay mask.

2. Kulit wajah berminyak

Kulit wajah yang berminyak disebabkan karena produksi sebum dari kelenjar minyak berlebih. Jika demikian, maka mudah sekali menjadikan pori tersumbat hingga timbulkan jerawat. Perawatan masker untuk kulit berminyak berbanding terbalik dengan kulit kering. Ya, kamu disarankan menggunakan clay mask sehungga kulit bisa bersih sampai ke pori. Bukan itu saja, tapi clay mask pun bisa turunkan tingkat bakteri yang ada di kulit wajah lho.

3. Kulit wajah normal

Beruntung sekali jika kamu memiliki jenis kulit wajah yang normal. Tandanya, kulit wajahmu mempunyai keseimbangan jumlah kandungan air serta kandungan minyaknya sehingga pemiliknya pun jarang mendapat masalah baik jerawat atau bahkan kulit yang kusam. Pemilik kulit wajah normal pun bisa menggunakan produk masker apapun juga. Rekomendasinya adalah dengan penggunaan masker ekstrak bengkuang sehingga bisa menjaga tekstur kulit.

4. Kulit wajah sensitif

Repot sekali ketika kamu memiliki kulit wajah sensitif. Ya, hal ini lantaran kulit wajah ini sangat mudah mengalami iritasi karena bereaksi pada faktor tertentu misalnya saja faktor lingkungan, makanan, produk kosmetik dan lainnya. Jika memang kamu memiliki kulit sensitif, maka ada baiknya memakai segala produk perawatan bebas pewangi dan bebas dari alkohol. Masker yang direkomendasikan untuk pemilik kulit wajah sensitif yakni masker dengan bahan dasar teh.

5. Kulit wajah kombinasi

Untuk jenis kulit kombinasi yakni perpaduan dari kulit kering dan berminyak. Seseorang dengan jenis kulit kombinasi umumnya terfokus pada zona T yang berminyak dengan bagian pipi yang berjenis kulit kering atau normal. Jika kamu memiliki kulit jenis ini, maka dianjurkan menggunakan multimask. Maksudnya kamu menggunakan masker khusus kulit berminyak di zona T, tapi masker kulit kering atau normal di pipi.

Baca Juga Perawatan Penting untuk Kulit Wajah yang Cantik

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Ini Alasan Kenapa Artis Korea Nampak Lebih Muda Dibanding Artis Hollywood

Bagi para penggemar drama Korea dan juga K-Pop