jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat menakutkan untuk setiap wanita. Karena jika jerawat muncul, akan menimbulkan beberapa masalah lain seperti gatal, flek, sakit, nyeri, dan bopeng bekas jerawat. Hampir semua wanita pernah mengalami jerawatan, apalagi mereka yang sedang memasuki masa pubertas. Tetapi tidak hanya remaja, orang dewasa yang sering mengalami stress akibat pekerjaan juga sering mengalami jerawatan. Fase terbesar yang merugikan penderita adalah saat jerawat sudah meradang.

Jerawat memang bisa tumbuh dimana saja, dan jerawat juga mempunyai banyak jenis dan macam. Dan penyebab timbulnya jerawat juga beragam, bisa Karena faktor hormonal, lingkungan, atau pun pola hidup yang buruk. Agar kamu dapat menangani jerawat dengan baik, kamu harus tahu terlebih dahulu penyebab jerawat tersebut. Hal itulah yang akan kita bahas sekarang, yaitu penyebab jerawat meradang. Karena jerawat meradang dapat disebabkan Karena faktor dari dalam maupun luar tubuh penderita. Tetapi kebanyakan orang menyepelekan penyebab tersebut dan tanpa disadari membuat timbulnya jerawat. Jerawat meradang mempunyai ciri semakin merah dan terasa lebih sakit. Nah tidak berlama-lama lagi, inilah penyebab jerawat yang meradang, antara lain :

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Tidak Tepat

Hal penting yang harus kamu lakukan saat kulit berjerawat adalah dengan memperhatikan jenis makanan. Karena jika kamu mengonsumsi makanan yang tidak tepat saat sedanng berjerawat, akan membuat jerawat makin parah. Dan yang membuat jerawat meradang adalah karena sebum yang berinteraksi dengan jerawat yang masih aktif. Dan dengan mengonsumsi makanan yang tidak tepat akan membuat produksi sebum meningkat.

  1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mencuci muka secara rutin sebenarnya kita lakukan untuk mencegah terjadinya peradangan jerawat. Tetapi jika kamu mencuci wajag terlalu sering maka risiko jerawat meradang menjadi lebih besar. Karena jika kamu mencuci wajah terlalu sering akan membuat kulit kehilangan minyak esensial yang akan membuat kulit menjadi kering. Dan untuk kamu yang mempunyai masalah kulit kering, akan meningkatkan risiko iritasi debu, bakteri, atau kotoran yang menyebabkan jerawat meradang karena hilangnya sebum. Jadi jangan terlalu sering mencuci wajah, Karen ahanya akan membuat kulit kamu menjadi kering yang malah memicu jerawat yang meradang.

  1. Hormon

Saat kamu sedang dalam masa pubertas, hormon akan sangat berpengaruh membuat jerawat yang meradang.

  1. Infeksi Bakteri

Bakteri yang menyumbat pori-pori dan bercampur dengan sebum akan membuat jerawat meradang dan berwarna kemerahan. Selain itu jerawat batu dan bernananh juga dapat muncul karena infeksi bakteri,

  1. Memencet Jerawat

Saat sedang berjerawat, ada beberapa orang yang mempunyai kebiasaan memencet jerawat. Padahal memencet jerawat adalah penyebab utama terjadinya jerawat yang meradang. Karena ketika jerawat dipencet, maka kulit menjadi kemerahan dan menjadi bengkak. Dan bakteri ataupun kotoran pada tangan kamu akan berpindah pada jerawat yang membuat jerawat meradang.

  1. Stres

Saat stress, tubuh akan memproduksi hormon yang disebut hormon stress. Yang mana sel-sel pada kulit memiliki reseptor terhadap hormon stress, sehingga saat ada hormon stress maka reseptor kulit akan bereaksi dan membentuk sebum sehingga akan membuat kulit menjadi lebih berminyak. Keadaan kulit yang berminyak ini apabila berinteraksi dengan jerawat aktif dapat memicu terjadinya jerawat meradang.

  1. Memakai Kosmetik Saat Berjerawat

Saat sedang berjerawat, biasanya kalian memilih menggunakan kosmetik untuk menyamarkan jerawat. justru penggunaan make hanya akan menutup porei-pori dan membuat jearwat menjadi semakin parah. dan bahan kimia yang terkandung dalam make up akan membuat kulit iritasi dan membuat jerawat meradang.

Baca juga Lakukan Hal Ini Secepatnya Saat Jerawat Pecah, Sebelum Lukanya Terlalu Parah Sampai Meninggalkan Bekas

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Dia Vitamin & Mineral yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Rambut Tebal

Rambut yang indah merupakan tanda tubuh yang sehat. Bagaimana