Kulit kering biasanya tidak berbahaya dan mudah disembuhkan ketika kamu selalu ingat untuk memakai pelembab. Tapi bagaimana jika epidermismu terus pecah-pecah dan gatal tak peduli seberapa banyak pelembab yang kamu oleskan? Jika ternyata kamu punya masalah seperti ini atau jika kamu mengalami kulit kering yang disertai berbagai gejala aneh lainnya, maka kamu haris menemui dokter. Pasalnya, ada beberapa penyakit yang bisa dikenali dengan salah satu gejalanya adalah kulit kering. Berikut di antaranya:

Diabetes

Bukan hal yang tak biasa bahwa penyakit diabetes bisa . tubuhmu kekurangan cairan dengan jauh lebih cepat, sehingga kulitmu menjadi terdehidrasis. Diabetes juga bisa memperngaruhi kemampuan tubuhmu untuk melakukan perspirasi atau berkeringat. Sehingga, ketika dampak ini menjadi sangat parah, kulit kering dan pecah-pecahmu bisa menjadi rentan serangan bakteri yang makan dari glukosa, sehingga kamu menjadi beresiko terkena infeksi.

Namun, kamu tak perlu panik dulu. Kulit kering bukan satu-satunya gejala diabetes. Jika kamu terserang diabetes, kamu biasanya akan sering merasa sangat haus, harus buang air kecil lebih banyak dans ering, serta mereasa lebih lapar dari biasanya. Kelelahan dan pandangan yang kabur juga bisa jadi gejala-gejala umumnya. Perlu cek darah untuk memastikannya.

Tiroid yang kurang aktif

Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang membuat sel-sel tubuhmu beraktivitas. Ketika level hormon ini menjadi rendah, maka semuanya menjadi bergerak lebih lambat, sehingga kamu merasa lebih dingin, lebih gampang lelah, dan menjadi pikun, depresi dan konstipasi. Karena hormon tiroid memiliki reseptor di kulit, inilah penyebabnya mengapa para penderita hipotiroidisme mengalami kulit kering, kasar, dan bersisik. Jika kulit keringmu disertai dengan gejala-gejala tersebut, maka kamu harus mulai memeriksakan diri.

Doktermu akan bisa mengkonfirmasinya dengan serangkaian tes darah. Jika kamu mengalami penyakit ini, dokter akan meresepkan obat sekaligus merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk lebih mengkonsumsi yodium, selenium, dan seng.

Penyakit Ginjal

Jutaan orang dewasa di muka Bumi mengalami penyakit ginjal dan tidak mengetahuinya, terutama karena gejala seperti lelh, sulit konsentrasi, dan peningkatan urinasi biasanya dikaitkan dengan masalah-masalah lain. Salah satu gejala yang jarang pula dikenali adalah kulit kering dan gatal, yang terjadi ketika ginjal tak lagi bisa menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam darah.

Orang-orang yang menderita penyakit ginjal cenderung tak mengalami gejala apapun hingga tahap paling akhir dimana ginjalnya menjadi gagal atau ketika ada sejumlah besar protein pada urine. Satu-satunya cara untuk tahu apakah kamu punya penyakit ginjal adalah menjalani pemeriksaan.

Kanker Kulit

Jika kamu mengalami kulit kering, tebal, kasar, dan bersisik serta berwarna merah lalu berdarah jika tergesek, maka kamu kemungkinan mengalami kanker. Bagian kulit ini bisa persisten atau bisa juga sembuh lalu kembali. Kanker kulit bisa disebabkan paparan UV yang terus-terusan, sehingga lokasinya sering di area yang terkena matahari secara konstan, seperti wajah. Segera temui dokter jika kamu curiga.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Tidak Perlu Meminta Maaf Untuk 6 Hal Ini

Apakah kamu tipe orang yang sering meminta maaf