Aktivitas makan memang menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Terlebih dengan menu yang sudah tersedia saat ini dimana makin kreatif dan inovatif sehingga bisa menjadikan lidah kian termanjakan. Bagi yang sedang dalam usaha untuk diet, kadang juga kelepasan karena terlalu nikmatnya makan. Setelah itu, biasanya diisi dengan renungan dan merasa bersalah pada diri sendiri karena tidak bisa mengontrol nafsu makan.

Makan sebetulnya adalah aktivitas yang harus dilakukan demi bisa bertahan hidup untuk semua makhluk hidup. Namun berbeda jika makan dilakukan secara berlebihan karena selain tidak baik untuk kesehatan, maka bisa memicu obesitas. Jika memang Anda merasa bersalah setelah kebanyakan makan, maka berikut ini beberapa solusinya.

1. Minuman untuk tingkatkan metabolime tubuh

Metabolisme adalah proses pembakaran lemak sehingga bisa hasilkan energi. Untuk itu, apabila metabolisme di tubuh tinggi, maka tubuh pun akan lebih mudah dalam membakar lemak. Minum air hangat di pagi hari menjadi cara sederhana yang bisa dilakukan dan menambah dengan sedikit gerakan olahraga.

Selain itu minuman jahe juga bisa membantu. Kamu cukup rebus jahe dan air setidaknya 10 menit. Jika warna air sudah berubah, maka kamu bisa mematikannya. Langsung minum dalam kondisi hangat dimana minuman ini akan membantu metabolisme di tubuh.

2. Hindari lewatkan waktu makan

Para pejuang diet biasanya langsung stop makan setelah hari kemarin makan cukup banyak. Hal ini kurang tepat dilakukan karena jika waktu makan dilewatkan, maka suhu tubuh justru akan menurun sehingga berpengaruh juga pada metabolisme tubuh yang juga menurun. Dengan demikian maka proses pembakaran lemak yang ada di tubuh pun juga bisa ikut terhambat.

Solusi terbaik adalah dengan memilih makanan yang kalorinya rendah misalnya sayur. Dengan demikian, kamu tetap bisa makan bernutrisi namun tidak menambah kalori ke tubuh terlalu banyak.

3. Lebih rajin minum air putih

Asupan air putih sangat penting untuk tubuh. Oleh karena itu jika kamu merasa kamu sudah terlalu banyak makan, maka air putih ini bisa jadi penolong. Pastikan untuk minum air putih dengan kapasitas yang cukup banyak sehingga proses pencernaan dan pembuangan pun bisa kian maksimal. Selain itu, produksi urin pun akan bisa meningkat sehingga tubuh akan bisa mendetoks semua racun.

Jika memang air putih terasa hambar, maka bisa juga dengan menambah potongan jeruk nipis atau lemon sehingga bisa memberikan manfaat lebih pada pencernaan. Selain itu jeruk nipis juga bisa bantu kontrol kadar alkami di tubuh dan tingkatkan kekebalan juga.

4. Menambah asupan kalium

Kalium memiliki peran untuk bisa membantu proses metabolisme nutrisi yang dibutuhkan tubuh misalnya zat besi, kalsium dan magnesium. Ini artinya kalium bisa membantu tubuh sehingga dapat proses nutrisi lain dengan efektif. Makanan yang mempunyai kandungan kalium misalnya alpukat, ubi, bayam dan yoghurt.

Selain itu kalium pun bisa cegah penimbunan cairan di tubuh yang bisa terjadi saat kamu makan terlalu banyak. Kalium bersama natrium bisa sebagai elektrolit sehingga bisa membantu untuk mengatur cairan yang ada di sekitar sel tubuh sehingga tidak tertimbun.

Baca Juga Ini Waktu Makan Paling Baik Untuk Kamu yang Ingin Menguruskan Badan! Diikuti Yuk Agar Diet Terus Berjalan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makan Sampai Kenyang Saat Diet dengan Cara Diet Volumetrics

Menjalankan diet tentu bukan hal yang mudah. Salah