Tumit pecah-pecah adalah salah satu masalah kaki yang sering dialami sebagian besar orang. Masalah kaki yang satu ini lebih banyak terjadi pada wanita dari pada pria. Meskipun tidak banyak orang yang memperhatikan bagian kaki, namun tetap saja tumit yang pecah-pecah bisa membuat rasa percaya diri menurun.

Hal ini karena tumit pecah-pecah tidak saja mempengaruhi penampilan tapi juga kenyamanan. Dengan tumit yang pecah-pecah, pasti tidak nyaman bila kamu harus berjalan tanpa alas kaki. Pada kasus tertentu, tumit yang pecah-pecah juga menimbulkan rasa sakit. Bila kamu juga mengalai masalah kaki yang satu ini, kamu bisa melakukan beberapa cara mudah ini untuk mengatasinya.

Gunakan pelembab extra

pelembab saja

Salah satu penyebab tumit pecah-pecah adalah kondisi kulit yang kering. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mulai dengan memberikan pelembab extra pada bagian tumit. Ada dua tipe pelembab yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah yaitu humectant atau emolient moisturizer dan occlusive moisturizer.

Humectant atau emolient moisturizer bersifat memberikan kelembaban dengan meresap diantara kulit yang pecah-pecah dan membuatnya lembab dan fleksibel. Sedangkan occlusive moisturizer bersifat melindungi kelembaban kulit agar tidak menguap sehingga kulit menjadi kering. Kamu bisa mengkombinasikan dua jenis pelembab ini agar kulit pada bagian kulit menjadi lebih lembab.

Rendam dan eksfoliasi kaki

Bagian kulit pada tumit yang pecah-pecah biasanya lebih tebal dan kering daripada bagian kulit yang lain. Sehingga bagian ini lebih mudah pecah bila terkena tekanan. Kamu bisa merendam kaki dan mengeksfoliasi kaki untuk menghilangkan bagian kuit yang tebal tersebut. Rendam kaki dengan air hangat yang sudah diberi sabun selama 20 menit. Kemudian gunakan spons atau penggosok kaki untuk menghilangkan kulit yang tebal tersebut. Setelah itu, keringkan kaki dan berikan pelembab yang banyak agar kaki tetap lembab.

Gunakan kaus kaki katun ketika tidur

Tidur dengan menggunakan kaus kaki memang terdengar aneh. Faktanya bila kamu tidur dengan kaus kaki katun setelah mengoleskan pelembab pada kaki bisa membuat kaki lebih lembab. Hal ini karena kaus kaki membantu menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit lebih mudah bernafas.

Gunakan bahan alami

Bahan-bahan alami yang biasa ada di dapur juga bisa digunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Kamu bisa menggunakan madu, minyak kelapa, minyak zaitun, shea butter, dan lain sebagainya untuk membantu melembabkan tumit. Pilih bahan alami yang sifatnya melembabkan dan juga mempunyai bahan anti bakteri dan anti inflamasi karena tumit yang pecah-pecah rentang terkena infeksi atau berdarah.

Gosok kaki dengan batu apung

Kamu juga bisa menggunakan batu apung untuk menggosok bagian tumit yang pecah-pecah. Cara ini sudah dilakukan selama waktu yang lama untuk membantu eksfoliasi sel-sel kulit mati. Kamu bisa memilih batu apung yang permukaannya rata dan tidak terlalu kasar.

Tumit pecah-pecah memang mengganggu penampilan dan membuat kamu merasa tidak nyaman. Kamu bisa menggunakan beberapa cara diatas secara teratur untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/atasi-tumit-pecah-dengan-3-cara-ini/

http://www.tampilcantik.com/pepaya-muda-mampu-atasi-tumit-pecah-pecah/

http://www.tampilcantik.com/cara-cepat-menyembuhkan-tumit-yang-pecah-pecah/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kesalahan Skincare yang Membuat Pori-pori Kamu Terlihat Lebih Besar

Minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri