Image result for manfaat cengkeh

Cengkeh, adalah bumbu populer yang membuat aroma uniknya membuat hidangan terasa lebih nikmat. Saat menggunakannya sebagai bumbu, bunga merah muda yang belum dibuka dari pohon cengkeh dikeringkan dan digunakan untuk menambah rasa pada hidangan. Namun, cengkeh tidak lebih dari sekadar menambahkan aroma ke hidangan apa pun.

Cengkeh adalah makanan super yang datang dengan sejumlah manfaat kesehatan. Mulai dari menyembuhkan sakit tenggorokan sederhana dan melawan flu biasa, karena cengkeh memiliki beberapa penyembuhan utama dan sifat obat.

Makanya kamu jangan ragu untuk menambahkan cengkeh untuk campuran makanan yang kamu buat. Karena, dengan cara itulah kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan yang dimilikinya. Apa saja? Yuk kita lihat sekarang.

  1. Melindungi Hati Kamu

Kehadiran senyawa ‘eugenol’ dalam cengkeh diyakini bermanfaat bagi hati. Selain memperbaiki fungsi hati, cengkeh dapat menjadi suplemen yang baik untuk penyakit hati berlemak, sehingga mengurangi peradangan dan dapat membantu menjaga kesehatan hati secara keseluruhan. Sifat cengkeh ini sebagian besar dianggap karena tingginya tingkat antioksidan dalam rempah-rempah

  1. Mengatur Gula Darah

Senyawa yang hadir dalam cengkeh dapat membantu dalam menjaga kadar gula darah terkendali. Karena, cengkeh diketahui mengandung senyawa yang disebut ‘Nigericin’, yang membantu dalam pengaturan kadar gula darah pada penderita diabetes. Ini karena Nigericin meningkatkan kapasitas sel untuk menyerap gula dari darah dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan insulin, sehingga membantu dalam pengaturan gula darah. Sebagai obat rumah sederhana untuk mengendalikan diabetes, rendam 6 hingga 8 siung dalam segelas air panas selama 15 menit. Lalu, saring cengkeh dari air dan konsumsi air ini setiap pagi setelah sarapan. Lakukan ini selama beberapa bulan untuk melihat perbedaannya

  1. Mempromosikan Kesehatan Tulang

Ekstrak cengkeh, yang secara alami tinggi eugenol, dapat membantu memperbaiki osteoporosis dan meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, sehingga mengurangi risiko patah tulang. Selain itu, mangan juga terlibat dalam pembentukan tulang dan merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Sertakan satu sendok teh cengkih tanah untuk diet harian kamu  untuk meningkatkan kesehatan tulang.

  1. Bertindak Sebagai Painkiller

Minyak cengkeh dapat membantu dalam memerangi nyeri rematik. Jika tidak minyak cengkeh, pastanya juga dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri sendi secara efektif. Ini adalah obat alami yang telah digunakan sejak jaman dulu untuk mengobati nyeri rematik. Demikian pula, ketika kamu  mengalami  sakit gigi dan tidak sabar untuk pergi ke  dokter gigi, cukup mengunyah sepotong cengkeh untuk beberapa waktu, dengan menempatkan cengkeh pada gigi yang bermasalah. Ini akan membantu meredakan rasa sakit

  1. Bekerja Sebagai Antiseptik

Buat pasta cengkeh dan oleskan pada kulit yang sakit atau pada luka bakar kulit. Pasta juga bisa dioleskan pada memar dan luka. Menurut pengobatan tradisional, pasta ini memiliki sifat anti-jamur dan anti-kuman, yang membantu membunuh bakteri dan mencegah luka agar tidak terinfeksi.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Terlalu Over Juga Ngak Bagus Loh.. Nah Mulai Diet Sehat Yuk Dengan Air Putih..

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal tentu menjadi