Banyak orang yang berpikir  bahwa makanan sehat seringkali tidak enak dan makanan lezat seringkali tidak sehat. Tapi ada banyak pengecualian untuk itu. Kita semua suka melahap berbagai buah karena rasanya manis dan enak. Menjadi musiman, buah memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan. Mereka memiliki kadar antioksidan, vitamin dan mineral tingkat tinggi yang memberikan nutrisi lengkap pada tubuh kita. Kandungan serat dalam buah juga membantu meredakan sembelit. Tidak hanya itu, gula alami di dalamnya juga baik untuk penderita diabetes. Oleh karena itu, aman untuk mengatakan bahwa buah itu enak sekaligus sehat.

Dalam buah jeruk kaya akan vitamin C, sehingga banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dari buah ini. Selain itu, jeruk juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu melawan infeksi dan flu. Satu lagi kandungan buah jeruk yaitu phytochemicals yang dapat melawan agen penyebab kanker. Tidak hanya itu saja, buah jeruk memiliki banyak manfaat, antara lain :

  1. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Jeruk adalah sumber magnesium yang kaya, yang akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang biasa  disebut hesperidin, yang secara alami hadir dalam jeruk juga membuat tekanan darah terkendali.

  1. Melindungi Terhadap Penyakit Jantung

Anti oksidan hadir dalam jeruk untuk melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung, yang akan memicu serangan jantung. Anti oksidan membantu menetralkan efek radikal bebas ini dan melindungi jantung dari penyakit.

  1. Melawanl Infeksi

Jeruk penuh dengan vitamin C, yang dikenal sebagai kekebalan yang meningkatkan vitamin. Bila kekebalan tubuh kita kuat, tubuh kita mampu melawan infeksi lebih baik dan mencegah penyakit. Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah anti virus, membunuh virus yang masuk ke tubuh kita sebelum dapat menyebabkan infeksi.

  1. Memurnikan Darah

Jeruk adalah pembersih alami. Flavonoid yang ada di dalamnya memulai aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Selain itu, vitamin C di dalamnya meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat makanan di dalamnya membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.

  1. Tulang kuat

Semua makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan kaya vitamin D agar tubuh kita benar-benar menyerap kalsium dari makanan kita. Jeruk memiliki cukup vitamin D, yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan membantu mencapai tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Walaupun Sering Membuat Menangis, tetapi Daun Bawang Memiliki Banyak Manfaat Lho

Daun bawang berkaitan erat dengan bawang merah dan