Mata tentu menjadi indera yang sangat penting untuk manusia sehingga aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Meski demikian, gangguan pada mata adalah salah satu jenis gangguan yang seringkali dialami oleh banyak orang. Mata merah misalnya dimana hampir setiap orang mungkin pernah merasakannya.

Pada dasarnya gangguan mata merah ini kerapkali disebabkan partikel debu yang masuk pada mata ketika seseorang ada di area berdebu dan juga berpolusi. Namun banyak juga penyebab lainnya yang bisa menjadi penyebab mata menjadi merah. Tapi tak banyak orang yang bisa mengamati.

1. Polusi dan debu

Untuk penyebab pertama yakni dari polusi dan juga debu. Mungkin kamu juga seringkali merasakannya ketika berkendara dengan motor atau saat berjalan kaki di jalan raya. Gangguan seperti ini seolah sederhana, tapi sebetulnya amat wajib untuk diwaspadai. Selain buruk untuk kesehatan mata, polusi dan debu juga buruk untuk paru-paru jika sampai terhirup.

2. Efek lelah dan kantuk

Mata juga memiliki batasan dalam bekerja. Jika dipakai terus untuk melakukan aktivitas, maka mata pun akan bisa menjadi lelah dan mengantuk. Begadang terus menerus bisa menjadikan mata kamu memerah. Jika memang mata sudah lelah, maka mata akan mengirim pesan lewat syaraf dan langsung terhubung pada otak sebagai tanda agar segera beristirahat. Mata merah inilah sinyal tersebut. Jika memang sudah lelah dan mengantuk, maka segera tidurlah.

3. Iritasi mata dari bakteri

Ketika debu masuk ke mata, maka akan sebabkan mata menjadi terasa perih dan gatal. Meski demikian bisa jadi hal ini lebih parah dimana jika debu masuk ke mata sudah sangat banyak, maka akan bisa menjadikan mata teriritasi. Apabila bola mata tampak memerah, jika didiamkan saja maka mata akan menjadi teriritasi, mata berair, lemas hingga mengalami suhu badan yang naik. Biasanya iritasi ini disebabkan karena bakteri.

4. Pengaruh asap rokok

Ketika kamu ada di ruangan dengan sirkulasi udara kurang lancar, maka asap rokok akan menjadi salah satu musuh besarnya. Banyaknya asap rokok di dalam suatu ruangan bisa jadi sebab mengapa bola mata menjadi memerah dan kemudian perih. Lantaran kandungan tar dan nikotin yang ada di asap rokok maka menjadikan mata pun terkena imbasnya. Jika mata terlalu sering terpapar dengan asap rokok, maka jangan heran jika mata pun akhirnya bisa memerah.

5. Konsumsi minuman keras

Alkohol yang ada di dalam suatu minuman keras tentu sudah dipahami sebagai minuman yang tidak baik untuk kesehatan di organ tubuh. Respon tubuh yang mungkin kaget dengan adanya adar alkohol yang tinggi menjadikan kinerja ginjal meningkat. Syaraf otak pun bisa ikut rusak karena alkohol sehingga bisa terjadi pelemahan pada kinerjanya. Hal ini pun kemudian juga berpengaruh pada bagian mata yang ikut memerah.

6. Efek pemakaian narkoba

Pemakaian narkoba juga mampu sebabkan bola mata pada penggunanya menjadi memerah secara cepat. Hal ini ada beberapa jenis narkoba yang mampu serang syaraf otak langsung seketika saat dikonsumsi. Hal ini lantaran aliran peredaran darah yang ada di tubuh tidaklah lancar.

Baca Juga Jangan Sampai Mata Bengkak Membuat Kamu Jadi Tampil Gak Percaya Diri

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Fakta-Fakta Seputar Miss V yang Wajib Diketahui Para Wanita

Mengulas masalah organ intim wanita memang seolah tak