Vitamin dan mineral tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa senantiasa sehat. Dari sekian banyak vitamin yang ada, salah satunya yakni vitamin D. Memang kedengarannya sepele, tapi ternyata banyak kasus terkait kesehatan yang diakibatkan dari kekurangan vitamin D lho. Kondisi kekurangan vitamin D bukan hanya berbahaya untuk anak saja, tapi bahkan juga untuk orang dewasa. Ini karena kondisi tersebut bisa memicu ragam masalah pada kesehatan hingga penyakit serius.

Kekurangan vitamin D sendiri bisa terjadi karena kekurangan paparan dari sinar matahari, punya berat badan yang berlebihan hingga kurang konsumsi makanan dengan kandungan vitamin D. Memang sih, kekurangan vitamin D ini tidak menampakkan tanda yang khas. Tapi kebanyakan kasus menjadikan penderitanya memiliki otot yang kaku, kejang hingga sulit bernapas lho. Yuk cari tahu bahaya dari kondisi vitamin D.

Kekurangan vitamin D pada anak

Ketika kondisi vitamin D ini terjadi pada anak-anak, maka banyak sekali gangguan yang bisa terjadi pada anak tersebut. Ya, kondisi defisiensi vitamin D  ini kerapkali terjadi pada anak-anak baik dengan gangguan yang ringan hingga berat. Efeknya juga ternyata sangat serius. Beberapa gangguan yang kemungkinan bisa terjadi diantaranya:

  • Rakitis dimana merupakan kondisi yang bisa sebabkan anak rasakan nyeri di tulang kaki, lemah otot hingga nyeri otot.
  • Gangguan pertumbuhan sehingga tinggi badannya tidak sesuai dengan usianya.
  • Pertumbuhan gigi terlambat.
  • Emosi dan mood mudah berubah.
  • Rentan pada infeksi di area sistem pernapasan.
  • Lemah di otot jantung.

Kekurangan vitamin D pada orang dewasa

Bukan hanya anak-anak saja yang bisa mengalami kondisi vitamin D, tapi orang dewasa pun juga demikian. Ragam keluhan bisa timbul misalnya saja rasa lelah, pegal hingga perasaan tak enak badan. Itu baru keluhan yang bisa terjadi jika kekurangan vitamin D secara ringan. Namun, jika kondisi kekurangan vitamin D sudah berat, maka berikut ini beberapa penyakit yang bisa terjadi:

  • Demensia dan alzheimer menjadi penyakit yang risikonya meningkat hingga dua kali lebih besar jika kekurangan vitamin D.
  • Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan karena adanya halusinasi dan menjadikan kecenderungan menarik diri di masyarakat. Skizofrenia yang merupakan penyakit kejiwaan juga bahkan bisa menjangkit jika kamu kekurangan vitamin D lho.
  • Penelitian menunjukkan jika kekurangan vitamin D juga ada hubungannya dengan beberapa kondisi penyakit jantung. Ini karena kasusnya ditemukan kekurangan vitamin D pada 70% pasien yang sudah menjalani angiografi koroner.

Dari ulasan tersebut dapat diambil kesimpulan jika dampak dari kekurangan vitamin D bisa terjadi pada anak-anak dan juga orang dewasa. Meski kedengarannya remeh, tapi kekurangan vitamin D juga bisa membahayakan ketika memang defisiensinya sudah sangat tinggi. Itulah mengapa kamu wajib berusaha agar memenuhi kebutuhan vitamin D kamu dengan mendapat paparan sinar matahari hingga konsumsi makanan dengan kandungan vitamin D. Beberapa diet juga bahkan bisa jadikan kamu kekurangan vitamin D lho. Oleh karena itu ada baiknya kamu konsultasikan diet yang akan kamu lakukan pada dokter lebih dulu agar tahu keamanannya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/jangan-sepelekan-ini-manfaat-vitamin-d-yang-harus-kamu-tahu/

http://www.tampilcantik.com/inilah-waktu-waktu-terbaik-minum-vitamin-demi-maksimalkan-kesehatanmu/

http://www.tampilcantik.com/natural-vitamin-detox-water-untuk-perut-datar-dan-refreshing/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Bubble Tea? Waspadai Risikonya Jika Konsumsi Berlebihan

Bagi kamu yang suka dengan minuman kekinian, maka