Makan makanan pedas memang sangat nikmat. Makanan pedas juga seolah sudah mendarah daging untuk masyarakat Indonesia dimana banyak sekali makanan khas yang dibuat dengan rasa nan pedas. Jika membicarakan makanan pedas, maka tak akan bisa dilepaskan dari cabai. Namun, tahukah kamu apa yang menjadikan cabai bisa memberikan sensasi rasa panas dan pedas? Ya, itulah zat capsaicin.

Capsaicin sendiri merupakan zat aktif yang ada di cabai dan paprika. Zat ini kerap dipakai untuk kurangi nyeri lantaran ternyata punya khasiat untuk antinyeri. Bahkan ekstrak capsaicin pun juga sering dipakai menjadi bahan tambahan pangan sehingga makanan bisa awet dan memberi sensasi pedas di makanan. Di bidang kesehatan sendiri capsaicin juga dikenal punya berbagai macam manfaat lho. Yuk cari tahu!

Meredakan nyeri

Manfaat capsaicin sudah terbukti klinis untuk bisa menjadi obat antinyeri. Nyeri otot, nyeri di sendi hingga nyeri di saraf dan migrain ternyata bisa diredakan dengan capsaicin lho. Kinerja capsaicin sendiri adalah dengan menghambat hantaran sinyal ran rangsangan nyeri di saraf sehingga menjadikan sensasi nyerinya pun akan terasa berkurang.

Mengatasi masalah gatal di kulit

Zat capsaicin juga dikenal memiliki efek berupa anti radang serta memberi sensasi panas. Efek inilah yang bisa menjadikan capsaicin pun bermanfaat dalam mengurangi peradangan serta meringankan gatal di kulit. Beberapa masalah kulit yang bisa ditangani misalnya eksim dan psoriasis. Ini sudah dibuktikan dengan adanya studi pada pasien psoriasis dengan perawatan krim capsaicin lalu menunjukkan perbaikan gejalanya mulai dari gatal, kemerahan dan kulit berkerak. Tapi untuk beberapa kasus, zat capsaicin juga bisa menjadi sebab kemerahan hingga iritasi kulit sehingga tidak semua orang bisa menggunakan krim yang mengandung zat capsaicin ini. Tentunya segalanya harus dikonsultasikan dulu ke dokter.

Meredakan pilek

Kebiasaan kebanyakan orang Indonesia adalah dengan makan makanan berkuah dan pedas ketika pilek. Ya, ini karena sensasi plong yang dirasakan usai makan makanan pedas tersebut. Itulah efek capsaicin dimana bisa kurangi pembengkakan pada hidung dan merangsang pengeluaran lendir. Tentunya ini menjadikan pilek pun mereda. Bahkan capsaicin juga bisa memperkuat daya tahan tubuh yang pastinya memberikan efek baik untuk meredakan kondisi pilek.

Meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan

Perlu diketahui jika capsaicin bisa meningkatkan metabolisme di tubuh. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan dimana capsaicin mampu meningkatkan metabolisme lalu berhubungan langsung dengan pembakaran lemak banyak. Hasilnya, berat badan pun akhirnya menurun deh. Capsaicin ini juga memberikan rasa ingin makan cenderung berkurang dan rasa kenyang bertahan lebih lama. Tapi bukan berarti jika kamu ingin turun berat badan maka harus banyak-banyak makan capsaicin lho ya. Kamu juga harus menjalankan pola makan sehat dan pastinya olahraga.

Menyehatkan jantung

Berdasar beberapa studi yang sudah dilakukan pada capsaicin, ternyata zat ini diketahui mampu kurangi kolesterol, turunkan tekanan darah hingga mencegah kondisi penggumpalan darah. Tak heran jika zat capsaicin juga bisa dipakai untuk kurangi risiko penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/makan-makanan-pedas-bikin-langsing-masa-sih/

http://www.tampilcantik.com/lagi-galau-atau-sedih-mending-cari-makanan-pedas-aja/

http://www.tampilcantik.com/makan-makanan-pedas-mampu-meredakan-pilek/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Olahraga yang Efektif Untuk Mengurangi Lemak Samping

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk mengurangi berat