Semakin modern zaman, entah mengapa banyak sekali penyakit parah yang diidap oleh masyarakat luas. Salah satu jenis penyakit yang banyak ditakuti yakni penyakit stroke. Stroke sendiri menjadi salah satu sebab kematian hingga kecacatan yang tertinggi di Indonesia lho. Stroke adalah kondisi medis serius sehingga butuh penanganan yang segera.

Penyebab umum stroke adalah pembuluh darah di otak yang pecah. Tapi ada juga sebab lain yang bisa jadikan stroke menjangkit seseorang. Stroke bisa terjadi saat pasokan darah menuju otak terhambat dikarenakan penyumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah sehingga menjadikan kematian di sel pada area sebagian otak.

Jenis stroke berdasar penyebab

Jika dilihat dari penyebabnya, maka ada dua jenis stroke yang wajib diketahui, diantaranya:

  • Stroke iskemik yakni jenis stroke yang umum ditemui. Stroke iskemik bisa terjadi karena pembuluh darah arteri mengalami penyumbatan. Seiring bertambahnya usia, memang pembuluh darah arteri bisa menyempit dengan alami. Tapi kondisi ini juga bisa semakin cepat misalnya pada orang dengan kondisi obesitas, diabetes, penyakit ginjal hingga diseksi arteri.
  • Stroke hemoragik yang terjadi saat pembuluh darah yang ada di otak mengalami pecah sehingga menjadikan pendarahan otak. Kondisi ini kemudian bisa juga makin meningkat jika memiliki tekanan darah tinggi. Penyebab lain dari stroke jenis ini adalah cedera kepala, efek samping obat hingga gangguan pembekuan darah.

Gejala stroke

Untuk bisa menangani stroke adalah dengan memberikan terapi dan pengobatan sedini dan sesegera mungkin sejak kondisi stroke diketahui. Tapi sebagian besar penderita kerapkali terlambat dalam memeriksakan dirinya ke dokter sehingga kondisi stroke sudah parah dan penanganan pun lama. Untuk itulah wajib sekali kamu tahu gejala awal dari stroke, diantaranya:

  • Senyum yang tidak simetris.
  • Pergerakan separuh dari anggota tubuh melemah tiba-tiba.
  • Cara bicara yang pelo dan bahkan tidak bisa bicara tiba-tiba.
  • Separuh tubuh mengalami kesemutan.
  • Pandangan satu mata kabur dengan tiba-tiba sampai rabun.
  • Sakit kepala yang hebat dan muncul secara tiba-tiba dan ditambah gangguan fungsi keseimbangan di tubuh yang dialami.

Langkah pencegahan stroke

Setelah kamu tahu gejala dari stroke, maka ada baiknya jika kamu sendiri atau keluarga mengalami dan menemukan tanda tersebut maka segeralah menuju rumah sakit. Penanganan cepat pada stroke akan bisa menurunkan risiko cacat permanen hingga kematian penderita stroke. Selain itu, kamu pun harus tahu bagaimana cara pencegahan kondisi stroke, diantaranya:

  • Selalu cek kesehatan dengan rutin.
  • Hindari kebiasaan merokok.
  • Lakukanlah aktivitas fisik yang rutin.
  • Diet seimbang juga penting.
  • Cukupi kebutuhan istirahat.
  • Usaha kelola stres.

Itulah informasi penting seputar stroke yang bisa menjadi tambahan informasi penting untukmu. Jika dulu stroke kerapkali hanya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia, maka kini banyak ditemui juga anak muda yang sudah terkena stroke. Tentunya ini semua karena sebab pola hidup yang tidak sehat yang dijalani. Stroke akan bisa dihindari dengan penerapan pola hidup sehat sehingga kamu pun bisa memulainya sejak sekarang. Bukan hanya stroke, tapi penyakit lain pun juga bisa terminimalisir.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/kiat-ampuh-mengurangi-risiko-terserang-stroke/

http://www.tampilcantik.com/stroke-di-usia-muda-hati-hati-guys/

http://www.tampilcantik.com/stop-minuman-bersoda-inilah-efek-buruk-untuk-diet-dan-kesehatanmu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Bubble Tea? Waspadai Risikonya Jika Konsumsi Berlebihan

Bagi kamu yang suka dengan minuman kekinian, maka