Di tiap negara memiliki gaya busana yang berbeda-beda sesuai dengan adatnya masing-masing. Sama halnya dengan Indonesia yang juga memiliki batik sebagai ikon fashion Indonesia di mata dunia. Jika dulu batik dikenal dengan pakaian yang kerapkali dipakai oleh orang tua dan hanya untuk acara resmi saja, maka berbeda dengan saat ini dimana batik juga bisa dipakai di berbagai acara.

 

Di Indonesia sendiri batik memiliki ciri khasnya masing-masing di tiap daerah. Jika awalnya batik cenderung dipakai untuk upacara adat hingga acara resmi, maka saat ini batik bahkan sudah sampai ke dunia internasional lho. Kamu bisa lihat jika cukup banyak seleb dunia yang pernah terlihat menggunakan batik di berbagai acara kelas internasional. Wah keren ya.

 

Diantara sekian banyak motif batik di Indonesia, ada beberapa motif yang sangat terkenal. Nah, setiap motif ini ternyata tidak dibuat sembarangan dan memiliki makna serta filosofi masing-masing lho. Cari tahu yuk!

 

Motif parang

Motif parang bisa disebut menjadi salah satu motif batik yang paling tua. Tentu jika kamu melihat motif ini maka sudah tak asing lagi dimana identik dengan garis lurus tersusun diagonal. Apabila diperhatikan dengan detil, maka ada lengkungan detail mirip huruf S yang bisa diartikan menjadi ombak laut yang tidak berhenti bergerak. Ternyata motif batik ini ada maknanya lho yakni manusia diharapkan tidak pernah menyerah dan terus bergerak. Sedang dari segi garis lurus diagonal itu memiliki makna berupa kesetiaan dan kokoh berpendirian. Motif batik ini tercipta dari Keraton Mataram dimana menentukan derajat kebangsawanan di zaman dulu. Tak heran jika batik motif parang hanya bisa dikenakan raja dan juga keturunannya.

 

Motif tambal

Motif batik selanjutnya yang tak kalah populer yakni motif tambal dimana memiliki makna untuk menambal hal rusak. Filosofinya adalah bahwa manusia diharap bisa memperbaiki diri secara lahir dan batin demi bisa mendapat kehidupan lebih baik. Batik motif tambal terkenal dengan kesannya lebih berwarna-warni dan juga playful karena mampu memadukan ragam motif di satu kain saja. Warna-warna cerah pun tersedia di batik motif tambal ini sehingga bisa kamu jadikan pilihan.

 

Motif batik kawung

Memiliki motif bentuk lonjong dimana kaitannya adalah buah kolang kaling yang asalnya dari pohon aren atau palem. Ternyata 4 detil lonjong yang ada di batik kawung ini melambangkan arah angin mulai dari timur yang bermakna matahari terbit dimana menjadi lambang sumber kehidupan. Ada juga arah utara yang menandakan gunung yakni lambang rumah dewa, roh dan kematian. Selanjutnya arah barat untuk matahari terbenam dengan makna keberuntungan yang turun dan terakhir selatan untuk zenit dengan lambang puncak dari segalanya.

 

Wah, ternyata makna batik Indonesia sangat mendalam sekali bukan? Ya, batik sendiri memang dibuat dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada di suatu daerah tersebut. Tak heran jika batik memiliki filosofi yang sangat dekat dan erat dengan kehidupan manusia. Selain itu, banyak juga pesan moral yang bisa diambil dari secarik kain batik nan istimewa tersebut.

 

Baca Juga :

Kiat Sederhana Merawat Batik Kesayanganmu

Ini Dia Outfit Yang Perlu Kamu Siapin Di Dalam Lemari Sebelum Kamu Masuk Dunia Kerja

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jadi Diri Sendiri dengan Tips Menemukan Fashion Sesuai Kepribadian Kamu

Fashion merupakan bentuk seseorang untuk bisa berekspresi dengan