Kembang sepatu  adalah salah satu bahan alami yang sangat bermanfaat untuk rambut dan kulit kita. Bunga kembang sepatu beserta dedaunannya bisa membantu melawan masalah ketombe, rambut rontok, kebotakan dll. Selain itu, minyak kembang sepatu juga sangat bermanfaat untuk rambut. Hall ini karena bunga kembang sepatu mengandung sejumlah besar vitamin C, vitamin A, dan asam alfa-hidroksil bersama dengan nutrisi bermanfaat lainnya. Tidak hanya itu saja, minyak yang diekstraksi dari kembang sepatu ini  juga digunakan di beberapa shampo dan produk perawatan rambut, yang mengklaim dapat mengatasi masalah rambut rontok.

Nah, jika kamu belum tahu manfaat yang terdapat pada minyak kembang sepatu ini, yuk kita lihat sekarang. Inilah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari minyak kembang sepatu, antara lain :

  1. Untuk Mengatasi Kulit Kepala yang Gatal

Image result for mencegah kulit kepala gatal

Karena Vitamin A dan C ditemukan dalam bunga kembang sepatu, minyak ini membantu mencegah gatal pada kulit kepala. Kamu juga bisa merebus beberapa bunga kembang sepatu di air dan mengumpulkan air ini dalam wadah terpisah. Lalu, biarkan air ini menjadi dingin lalu gunakan sebagai pembersih setelah membasuh rambut. Menggunakan minyak kembang sepatu serta air kembang sepatu dapat membantu mencegah gatal pada kulit kepala dan juga membantu menjaga kesehatan kepala kamu.

  1. Membantu Mencegah Penuaan Pada Rambut

Image result for rambut awet hitam

Banyak dari mereka mengalami penuaan dini pada rambut yang disebabkan masalah hormonal atau lainnya. Minyak kembang sepatu dapat membantu mengatasi masalah ini sepenuhnya dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mudah. Ambil beberapa daun kembang sepatu dan giling mereka dalam blender untuk menjadikannya bubuk. Setelah itu, tambahkan mereka ke dalam cangkir yogurt, bersama dengan beberapa minyak kembang sepatu dan oleskan campuran ini ke kulit kepala kamu. Tunggu sebentar dan bersihkan dengan air suam-suam kuku. Aplikasi biasa minyak bunga kembang sepatu ini  juga bisa membantu mengatasi masalah penuaan pada rambut secara efektif.

  1. Untuk Membuat Rambut Kuat

Image result for rambut kuat

Jika kamu ingin memperkuat folikel rambut, manfaatkan minyak kembang sepatu beserta minyak kelapa. Campur beberapa tetes minyak kembang sepatu dengan minyak kelapa. Lalu tambahkan bubuk kembang sepatu juga dan didihkan campuran tersebut. Jika sudah kering, oleskan masker rambut ini ke kulit kepala kamu dan biarkan sampai kering. Jika sudah, kamu bisa mencucinya dengan air. Menggunakan campuran bunga kembang sepatu dan minyak kelapa ini  bisa membantu menguatkan rambut kamu.

  1. Untuk Masalah Ketombe

Image result for mengatasi masalah ketombe

Kembang sepatu bila dikombinasikan dengan biji fenugreek, bisa membantu mengatasi masalah ketombe dengan mudah. Kamu harus mengambil segenggam biji fenugreek dan merendamnya dalam semalam. Lalu, buat pasta dan tambahkan beberapa minyak zaitun ke dalamnya. Sekarang ambil beberapa minyak bunga kembang sepatu dan campurkan semuanya secara merata. Setelah itu, tambahkan 2 sendok bubuk kembang sepatu ke pasta fenugreek dan oleskan pada kulit kepala. Pastikan kamu mengaplikasikannya di akar serta di daerah yang bermasalah. Biarkan sampai kering lalu bersihkan dengan air suam-suam kuku.

  1. Untuk Mendapatkan Rambut Lembut

Image result for rambut lembut

Jika kamu sering merasa rambut kamu mengalami masalah yang membingungkan, berikut adalah metode mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah. Menggunakan masker kembang sepatu ini bisa membantu kondisi rambut kamu secara alami dan juga membuatnya bisa diatur. Ambil beberapa minyak kembang sepatu dan biarkan mendidih untuk beberapa lama. Sekarang tambahkan 1-2 sendok tepung gram dan aduk rata untuk membuat pasta. Oleskan ini pada kulit kepala kamu dan bersihkan setelah 30 menit.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Ini Alasan Kenapa Artis Korea Nampak Lebih Muda Dibanding Artis Hollywood

Bagi para penggemar drama Korea dan juga K-Pop