Berbagai produk perawatan rambut telah tersedia di pasar. Mulai dari shampoo, kondisioner, hair mask, dll. Ternyata selain produk hair treatment, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar rambut kamu tetap indah dan sehat. Penasaran? Mari kita simak kebiasaan baik untuk rambut indah dan sehat berikut ini :

  1. Potong Rambut

Semua ahli sepakat: Menghindari salon (tidak memotong rambut) adalah hal yang kontraproduktif untuk menumbuhkan rambut kamu. “Ujung-ujungnya, rambut kamu akan mengering dan membelah, jadi kamu tidak mendapatkan panjangnya,” jelas Stephen Pullan, trichologist (atau spesialis rambut) di Philip Kingsley Trichological Clinic. Potongan rambut biasa memastikan ujung atau kerusakan yang terbelah minimal. Pullan merekomendasikan trim setiap enam hingga delapan minggu. Berikut adalah enam mitos yang pernah kamu dengar tentang menumbuhkan rambut kamu.

2. Biarkan Rambut Alami

Rambut kamu perlu istirahat dari semua yang berlangsung selama seminggu. Lindsey Bordone, dokter kulit di Columbia University Medical Center di New York, merekomendasikan untuk menggunakan akhir pekan agar rambut kamu pulih kembali. Jika memungkinkan, biarkan rambut kamu mengering, hindari produk penataan rambut yang dipanaskan, dan jauhkan dari ikat kepala atau ikat kepala yang ketat untuk menghindari penarik rambut yang tidak perlu. Dengan kata lain, kadang-kadang kamu hanya perlu membiarkan rambut kamu sedikit kedinginan.

3. Hindari Alat Panas

Jika kamu bersikeras untuk mengeringkan rambut setiap hari, cerdaslah: Jangan atur level tertinggi pada pengering rambut kamu untuk waktu yang lama. “Terus bergerak dengan pengaturan yang lebih dingin dan kecepatan yang lebih rendah,” kata Pullan. “Dibutuhkan waktu sedikit lebih lama, tetapi dengan begitu, kamu mendapat lebih banyak perawatan dan waktu akan bermanfaat.” Jika kamu berencana untuk menggulung atau meluruskan rambut kamu dengan catok atau alat lainnya, gunakan semprotan pelindung terlebih dahulu.

  • Deep Conditioner

Ini adalah salah satu kebiasaan rambut sehat yang disetujui oleh dokter kulit dan penata rambut: Masukkan deep conditioner ke dalam rutinitas perawatan rambut mingguan kamu untuk hidrasi ektra bagi rambutmu.

  • Memakai topi

“Matahari mengoksidasi rambut kamu dan mengeringkannya,” kata Pullan. Jadi, sementara topi melindungi wajah kamu dari sinar matahari, topi juga melindungi kulit kepala kamu dari pembakaran dan rambut dari dehidrasi.

  • Jangan Keramas dengan Air Panas

Ya, rasanya luar biasa untuk mandi air panas setelah hari yang panjang dan melelahkan (terutama di musim dingin). Tetapi, keramas dengan air panas dapat mengeringkan rambutmu.

  • Berhenti Menyentuh Rambut Kamu Sepanjang Waktu

Salah satu penyebab traksi terbesar yang tidak perlu adalah terus-menerus mengucir rambut kamu. “Penarikan ringan secara konstan pada folikel secara perlahan akan membuat trauma pada rambut,” kata Bordone.

  • Jangan Menyisir

Menyisir rambut adalah kebiasaan yang sehat (dan kamu tidak bisa keluar rumah dengan rambut berantakan), tetapi menyisir lebih dari sekali sehari akan membahayakan rambut. Faktanya, menyisir yang berlebihan meregangkan rambut dan merusak ujung yang lemah.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/5-tren-gaya-rambut-terpopuler-untuk-musim-gugur-2019/

http://www.tampilcantik.com/tips-french-braid-untuk-berbagai-jenis-rambut/

http://www.tampilcantik.com/ide-warna-rambut-untuk-medium-length-hair-rambut-sedang/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Menyisir Rambut Keriting dengan Cara yang Benar

Ingin tahu bagaimana menyisir rambut kamu – dengan