Jika kamu melihat tutorial make up dari para beauty enthusiast, maka produk primer seolah tidak pernah lepas dari daftar make up mereka. Namun untuk para pemula dalam hal make up, primer sendiri merupakan benda yang masih asing. Primer merupakan bagian dari make up dasar dimana fungsinya adalah sebagai pelembab. Primer dipakai untuk melindungi lapisan kulit sehingga tidak akan langsung bersentuhan dengan produk make up. Tak heran jika primer biasa dipakai sebelum penggunaan foundation.

Sebetulnya penggunaan primer bukanlah keharusan dan bisa saja dilewatkan jika kamu sudah menggunakan pelembab. Tapi ada banyak sekali manfaat penggunaan primer ini dimana bisa menahan minyak alami di wajah sehingga menjadikan make up mampu bertahan lebih lama. Selain itu primer pun bisa mengisi pori wajah sehingga hasil make up lebih flawless.

Pemilihan primer pun harus disesuaikan dengan jenis kulit sehingga tepat dalam penggunaannya. Berikut ini penjelasan singkatnya.

1. Kulit kering

Kulit kering memang butuh perhatian yang lebih sehingga tampilan make up menjadi sempurna. Hal ini mengingat masalah pada kulit kering yakni kerapkali mengelupas dan kusam. Untuk itu primer sangat dibutuhkan demi hasil make up sempurna. Primer dengan kandungan pelembab tinggi serta kandungan partikel dalam memantulkan cahaya sangat direkomendasikan. Kini sudah ada beberapa produk primer dengan kandungan lidah buaya atau kandungan baik lain sehingga bisa lembabkan kulit.

2. Kulit normal

Bagi wanita dengan pemilik kulit normal maka jarang sekali menemukan permasalahan pada kulit. Untuk itu, hampir semua jenis primer bisa dipakai tergantung kebutuhan. Misal saja jika ingin hasil make up yang slawless, maka bisa pakai primer dengan sifat matte. Namun jika ingin tampilan hasil make up yang cenderung dewy, maka primer dengan partikel pemantul cahaya bisa dipilih. Untuk pemilik kulit normal, sebaiknya hindari primer dengan sifat mengecilkan pori.

3. Kulit berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, primer bisa menjadi penyelamat sehingga hasil make up bisa set sempurna. Untuk kulit berminyak, primer yang direkomendasikan adalah yang bersifat matte dimana bisa meminimalisir munculnya minyak yang berlebihan di wajah. Formula lain pada primer yang direkomendasikan adalah yang bisa mengecilkan pori mengingat kulit berminyak biasanya memiliki pori yang cenderung besar.

4. Kulit sensitif

Untuk kulit sensitif biasanya cenderung mudah sekali berjerawat. Primer bisa menjadi solusi sehingga lapisan kulit tidak bersentuhan dengan make up langsung. Untuk pemilik kulit sensitif, ada baiknya untuk berhati-hati karena bisa berpotensi menimbulkan iritasi. Primer dengan formula bebas pewangi, ringan dan anti bakteri amat direkomendasikan. Jika kulit kamu kerap memerah, maka bisa memilih primer dengan warna kehijauan sehingga bisa netralkan warna wajah tanpa harus memakai concealer atau foundation.

5. Kulit kombinasi

Pemilik kulit kombinasi biasanya bermasalah dengan kulit yang berminyak pada area T dan cenderung normal atau kering di bagian lain. Jenis kulit ini direkomendasikan menggunakan dua primer yakni primer khusus kulit berminyak pada area T yakni area dahi dan hidung, serta primer khusus kulit normal atau kering pada bagian lainnya.

Baca Juga Kulitmu Kering ? Inilah Pilihan Primer yang Terbaik Untukmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Night Skincare

Kamu pasti pernah mendengar atau bahkan kamu juga