Kalau kamu khawatir bahwa beberapa pembasmi hama jenis insektisida berbahaya bagi kesehatanmu, hewan peliharaanmu, atau alam, maka kamu mungkin bisa menggunakan pengusir serangga alamiah untuk menjauhkan dirimu dan lingkungan tempat tinggalmu dari nyamuk-nyamuk nakal yang suka menghisap darah dan menyebarkan penyakit. Bingung apa saja pengusir serangga alamiah yang benar-benar efektif menjauhkan nyamuk? Ini beberapa di antaranya.

Halaman rumah yang terurus dengan baik

Salah satu cara termudah untuk mengusir nyamuk adalah dengan menjaga halamanmu dan sekitarnya. Karena, hampir 82 persen dari nyamuk yang ditemukan di halaman biasanya berada sekitar sembilan kaki dari tepi halaman, terutama jika sis dari taman tersebut adalah kayu-kayuan, tanaman hijau, atau dinding batu. Nyamuk tidak suka kondisi yang kering dan penuh siraman matahari. Untuk meminimalisir paparan terhadap nyamuk dan potensi penyakit yang dibawanya, maka saat menciptakan atau menata taman, cobalah sertakan area yang terkena siraman cahaya matahari dan batas yang lebih jelas antara rumput dengan kayu-kayuan. Cahaya matahari adalah pengusir serangga dan nyamuk alami.

Tanam secara strategis

Ada berbagai tanaman yang merupakan pengusir serangga alami, seperti lavender, catnip, dan rosemary. Tanamlah tumbuhan ini di taman atau halamanmu, terutama di area yang bisa menghilangkan nyamuk dari area tinggalmu. Karena ini merupakan salah satu strategi yang alamiah namun tergolong efektif.

Minyak aras

Minyak esensial yang didapatkan dari pohon konifer ini tidak beracun serta merupakan minyak pengusir serangga alamiah yang bisa disemprotkan pada pakaian atau kulit serta tanaman. Riset menunjukkan bahwa aplikasi dari sedrol, alkohol yang ditemukan pada minyak esensial ini, bisa membunuh 100 persen serangga yang ada pada area diuji. Ini dikarenakan minyak tersebut bisa memblokir reseptor bau nyamuk, mengganggu sistem tubuhnya, dan bahkan ketika bersentuhan dengan serangga tersebut, mengeringkannya. Kalau kamu ingin mencobanya, coba buatlah cairan pengusir serangga alamiah di dalam botol semprotan. Lalu, rasakanlah manfaat minyak aras atau minyak sedar ini dalam melawan nyamuk-nyamuk yang membandel yang ada di areamu.

Minyak kayu putih lemon

Minyak kayu putih lemon yang merupakan minyak turunan dari pohon alamiah yang tunggu di Australia beserta versi-versi sintesisnya, dianggap sebagai pengusir serangga dan nyamuk yang efektif. Bahkan, sudah ada produk-produk yang merupakan minyak esensial yang diproses untuk meningkatkan keefektifannya yang dipasarkan dengan mereka dagang terkenal seperti Citrepel atau Citriodiol. Ini efektif dengan bau yang enak dan alamiah. Perlindungan yang bisa diberikan kepada kulitmu ketika kamu menggosoknya adalah selama sekitar tujuh jam, efektif mirip seperti DEET yang tidak aman karena merusak plastik seperti jam tangan atau bahkan produk elektronikmu.

Nah, lindungi dirimu dengan baik dari nyamuk dengan berbagai pengusir serangga di atas!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Miliki Tubuh Indah Ala Supermodel Gigi Hadid dengan Tips Diet Berikut Ini

Tubuh indah bak model seolah sudah menjadi standar