Menjadikan mata semakin indah kerapkali dilakukan dengan memberikan pulasan make up. Meski demikian, make up saja rasanya kurang bisa maksimal sehingga banyak sekali wanita yang kerapkali menggunakan tambahan berupa lensa kontak. Penggunaan lensa kontak sebetulnya boleh-boleh saja selama kamu tahu cara penggunaan dan perawatannya. Hal ini lantaran lensa kontak bisa jadi berbahaya untuk kesehatan mata jika kamu tidak tahu cara perawatannya.

 

Saat ini lensa kontak cenderung lebih dipilih dibanding menggunakan kacamata. Keunggulannya adalah dari segi fleksibilitas dimana kamu tidak usah khawatir seperti ketika menggunakan kacamata yakni jatuh, retak, pecah hingga hilang. Tapi tak hanya mereka yang punya keluhan di mata saja yang menggunakannya karena bahkan kini sudah ada lensa kontak untuk mata normal.

 

Tips merawat lensa kontak

Lensa kontak memang punya banyak sisi kelebihan. Namun, lensa kontak pun butuh banyak perhatian lho dibandingkan kacamata. Kondisinya wajib untuk selalu bersih sehingga tidak berpotensi menimbulkan masalah pada mata misalnya infeksi dan juga komplikasi penglihatan yang lain. Untuk itu, kamu wajib tahu beberapa tips perawatan lensa kontak berikut ini:

  • Pastikan untuk selalu mencuci bersih lalu keringkan tangan kamu sebelum pasang atau lepas lensa kontak.
  • Jika akan mandi atau berenang, maka lepas lensa kontak tersebut sehingga tidak akan terkena air.
  • Sebelum kamu tidur, kamu juga harus pastikan jika lensa kontak dilepas lebih dulu. Ini karena memang tidak disarankan menggunakan lensa kontak terus-terusan selama jangka waktu yang lama. Ketika kamu menutup mata masih menempel lensa kontak tersebut, maka jumlah oksigen yang menuju ke mata kian menipis. Inilah yang jadikan permukaan mata pun jadi rentan untuk infeksi. Lebih parah lagi, kuman di lensa kontak pun bisa menempel pada kornea selama kamu tidur sehingga sebabkan masalah mata lebih parah.
  • Pakailah cairan pembersih yang khusus dan disarankan oleh apotek atau dokter demi membersihkan dan juga merendam lensa kontak kamu. Hindari menggunakan air biasa atau jenis cairan lain karena tetap mengandung organisme tertentu sehingga berpotensi infeksi mata.
  • Ketika membersihkan lensa kontak, maka pakailah cairan pembersih. Kamu harus menggosoknya dengan lembut sehingga lensa kontak tidak robek.
  • Usai dipakai, pastikan untuk bersihkan lensa kontak dan jangan lupa untuk membersihkan tempat menyimpan lensa kontaknya juga setidaknya sebulan sekali sehingga tidak kotor.
  • Apabila kamu memilih lensa kontak sekali pakai, maka tidak usah dibersihkan tapi harus langsung dibuang. Ini karena lensa kontak tersebut sudah didesain demikian dan tak bisa dipakai lebih dari sekali pemakaian.

 

Risiko penggunaan lensa kontak

Sesudah kamu tahu cara perawatan dari lensa kontak, maka kini kamu pun harus tahu juga risiko yang membayangi jika memakai lensa kontak tidak secara benar. Pengguna lensa kontak beresiko untuk terkena infeksi karena jamur dan bakteri. Mata pun bisa terkena iritasi, konjungtivitis, ulkus kornea dan bahkan abrasi kornea. Jika kamu mengalami keluhan saat menggunakan lensa kontak misalnya mata merah, bengkak dan lainnya, maka pastikan untuk segera dikonsultasikan pada dokter.

 

Baca Juga :

Make Up Dulu Atau Pakai Softlens Dulu? Yuk Ketahui Jawabannya Disini

Ingat Hal Ini Saat Menggunakan Softlens

Wahai Para Wanita, Pakai Softlens Sih Sah-sah Aja Tapi Jangan Sampai Gak Matching Dengan Warna Kulitmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Olahraga Berlebihan Itu Tidak Baik, Yuk Atur Lagi Jadwal Olahraga Untuk Dietmu

Olahraga rutin tentu sangat penting untuk rencana diet