Banyak yang bilang jika rambut adalah mahkota wanita. Hal ini memang benar adanya karena rambut memiliki peran yang besar dalam hal tampilan wanita, bahkan meski Anda adalah wanita berhijab sekalipun. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada rambut adalah kerontokan. Perlu diketahui, ternyata rambut rontok ini bahkan bisa disebabkan oleh kebiasaan menyisir yang tidak benar.

Menyisir rambut tentu menjadi kebiasaan yang tidak bisa dihindari. Bahkan tidak akan percaya diri untuk keluar rumah jika para wanita belum menyisir rapi rambutnya. Namun kebiasaan menyisir rambut yang salah justru akan merusak rambut. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk dalam menyisir yang harus kamu hindari.

1. Menyisir rambut saat masih basah

Setelah keramas selesai tentu kamu melanjutkan ritual dengan menyisir rambut. Namun sebetulnya hal ini adalah kebiasaan yang tidak baik karena berpotensi menjadikan rambut rontok. Saat rambut basah, pori yang ada di kulit kepala terbuka dan bagian akar rambut kurang kuat untuk menahan tarikan rambut saat kamu sedang menyisir.

Rambut akan semakin rapuh jika kamu sering mencatok, blow hingga mewarnai rambut saat keramas mengingat pergerakan tangan saat memijat bagian kulit kepala. Untuk itu ubah kebiasaan ini dengan menyisir lebih dulu rambut sebelum keramas dan sisir kembali rambut setelah kondisinya sudah kering. Jika memungkinkan, tambahkan vitamin rambut ketika kondisinya setengah kering sehingga batang rambut bisa lebih kuat dan rambut juga lebih mudah disisir.

2. Menggunakan sisir rambut yang salah

Saat ini bentuk sisir sudah sangat beragam dengan kegunaan masing-masing. Biasanya kesalahan dalam memilih sisir rambut juga menjadi sebab rambut rontok. Kamu harus bisa menyesuaikan sisir sesuai dengan tipe rambut.

Untuk rambut keriting, direkomendasikan memilih sisir dengan gigi yang jarang. Bagi pemilik rambut tipis, maka pakai sisir dengan bantalan lembut sehingga bisa redam tekanan di akar rambut. Sedangkan untuk yang memiliki rambut panjang, sisir pipih dan panjang harus dipilih sehingga bisa atasi rambut yang kusut dan merapikannya dengan mudah.

3. Menyisir dengan kasar dan buru-buru

Terkadang ada kondisi dimana kamu harus merapikan rambut dalam waktu yang singkat sehingga menyisirnya pun dengan cara kasar dan buru-buru. Namun ini pun bisa jadi kebiasaan yang menjadikan rambut kamu rontok. Sebetulnya cara menyisir yang tepat adalah dengan mulai beberapa inchi dari akar secara perlahan. Pegang bagian atas rambut yang akan bisa kurangi tekanan di akar rambut. Hindari menyisir dengan tekanan kuat dan terlalu buru-buru.

4. Memakai sisir berbahan plastik

Perlu diketahui jika sisir plastik mampu menimbulkan listrik statis di rambut. Efek samping dari hal ini adalah rambut pun menjadi kasar. Untuk itu, ganti sisir kamu dengan sisir berbahan kayu.

Meski sulit ditemukan, namun sisir kayu ini lebih direkomendasikan demi terhindar dari rambut rontok.

5. Terlalu sering menyisir rambut

Menyisir rambut dalam setiap kesempatan sudah menjadi kebiasaan para wanita. Namun sebetulnya menyisir rambut terlalu sering justru mampu menjadikan rambut mudah rontok. Hindari kebiasaan ini karena bisa menjadikan rambut kamu kusam, akar rambut menjadi rapuh hingga mampu menimbulkan kerontokan parah di rambut.

Baca Juga Bagaimana Cara Aloe Vera Membantu Dalam Mencegah Rambut Rontok? Ini Dia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Cantik Ala Margot Robbie Yang Bisa Kamu Tiru

Jika kamu pecinta film Suicide Squade, maka kamu