Selain wajah, rambut juga menjadi salah satu anggota tubuh yang kecantikannya sangat diperhatikan oleh wanita. Apalagi di era yang modern ini, banyak yang mencoba berbagai gaya dan warna rambut demi mengikuti trend. Mulai dari ombre, blonde, sambung rambut, dan lainnya. Jika tidak dirawat, akan menimbulkan banyak kerusakan pada rambut seperti kering, rontok, berketombe, dan lain sebagainya. Maka dari itu, selain merawat wajah, merawat rambut juga penting demi menjaga kelembutan dan kekuatan rambut. Selain berbagai treatment yang dilakukan untuk rambut, faktor lain yang memicu kerusakan rambut diantara lain karena rambut terpapar sinar matahari terlalu lama, menggunakan terlalu banyak zat kimia untuk rambut, polusi udara yang menempel dari asap kendaraan bermotor atau yang lainnya, shampoo yang tidak cocok, terlalu sering menggunakan hair spray dan lain sebagainya.

Penyebab-penyebab tersebut bisa membuat kerusakan pada rambut terutama membuat rambut kering. Perawatan dengan zat kimia bisa jadi memperburuk keadaan rambut jadi semakin kering bahkan rusak. Oleh karena itu ada baiknya mengganti perawatan rambut kering dengan bahan-bahan alami seperti berikut.

1. Madu dan Lemon

Mencampurkan madu dan lemon masing masing satu sendok makan dan mengaplikasikannya pada rambut anda selama 40 menit bisa menjadi salah satu cara untuk membuat rambut menjadi lembut. Setelah didiamkan selama 40 menit bisa langsung dibilas bersih dengan air. Kandungan madu dapat efektif melembutkan dan memperbaiki rambut yang kering,lemon berguna untuk membuat rambut menjadi lebih sehat.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal dengan khasiatnya yang bisa melembutkan bukan hanya digunakan untuk wajah tetapi bisa juga digunakan untuk membuat rambut kering menjadi lembut kembali. Cara mengaplikasikan minyak zaitun di rambut adalah dengan cara mengoleskannya pada rambut yang telah dibasahi terlebih dahulu secara merata, kemudian tunggu selama lima menit. Bilas rambut dengan air sebelum menggunakan shampoo seperti biasa. Cara ini dianjurkan untuk dilakukan sebanyak satu kali dalam dua minggu.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal dengan kemampuannya membuat rambut menjadi lembut. Tidak heran jika banyak sekali produk perawatan rambut yang mengandung ekstrak Lidah Buaya. Tetapi Lidah Buaya alami jauh lebih efektif. Tetapi, jika kesulitan menemukan lidah buaya yang asli, bisa digantikan dengan gel lidah buaya yang saat ini juga banyak dijual di toko-toko kecantikan. Cara penggunaannya pun hanya tinggal dioleskan kemudian tunggu 5 sampai 10 menit sebelum dibilas.

Selain bahan alami diatas, beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan untuk mencegah rambut kering adalah dengan sering membersihkan rambut, tidak terlalu sering menggosok rambut, menyisir rambut dengan betul dan lembut lebih baik menggunakan sisir yang bergigi lebar, mengurangi penggunaan hair dryer karena lebih baik rambut mengering secara alami, mengurangi atau tidak terlalu sering ganti style rambut, memakai kondisioner dan cara mengeringkan rambut yang salah.

Setelah mengetahui penyebab dan beberapa bahan alami untuk merawat rambut, ada baiknya penyebab-penyebab itu dihindari dan memilih merawat rambut dengan bahan-bahan alami. Rambut akan terjaga tetap lembut dan indah.

Baca Juga Cara Sederhana Tapi Hasilnya Luar Biasa. Gunakan Cara Ini Untuk Mengatasi Masalah Rambut Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mau Keliatan Flawless? Ngak Susah Kok. Yuk Ikutin Trik Mudah Make Up Flawless Ini Bagi Kamu Yang Masih Pemula

Tampil cantik tentu menjadi hal yang amat penting