Hai hai guys! ^o^

Hari ini aku mau ngomongin masalah exfoliator nih. Selama ini umumnya kita tahu exfoliating atau peeling itu biasanya dengan menggunakan scrub atau lulur wajah. Ternyata exfoliating itu ga hanya sebatas scrubbing aja loh guys. Ada dua tipe exfoliating yang wajib kita ketahui :

  • Physical dilakukan dengan menggunakan produk yang mempunyai butiran scrub. Contohnya : Mustika Ratu Mundisari Peeling
  • Chemical dilakukan dengan menggunakan produk exfoliant yang bersifat acid seperti AHA atau BHA. Nah, chemical peeling ini dapat dilakukan dengan menggunakan produk pasaran (kebanyakan western atau Korean skincare) atau dilakukan di klinik kecantikan/spkk.

Kayaknya pembahasan review aku kali ini sedikit lebih berat dari biasanya ya hehe xD yuk karena aku juga masih belajar tentang acid exfoliator ini, boleh banget dikoreksi kalau ada yang keliru ^^ Nah, produk yang akan aku review ini adalah ERHA21 Acne Care Lab Clarifying Gel, ini adalah produk OTC dari erha sehingga dapat dibeli tanpa harus konsultasi terlebih dahulu. Btw, erha acne care lab clarifying gel ini aku dapat dari redeem points Tampil Cantik. Makasih yaaa buat Tampil Cantik udah beliin produk yang aku pengen banget cobain dari beberapa bulan lalu :*

Ingredients : Aqua, Glycolic acid, Ethyl alcohol, Niacinamide, PEG-7 Glyceryl cocoate, Allyl methacrylates crosspolymer, Ethoxydiglycol, Lactic acid, Salicylic acid, Sodium hydroxide, Capryloyl glycine, Caprylyl methicone, Acacia senegal gum, Xanthan gum, Menthol, Methylparaben, Propylparaben

Berdasarkan komposisinya si erha ini termasuk ke dalam acid exfoliant, karena terdapat kandungan AHA (Glycolic acid & Lactic acid) serta BHA (Salicylic acid). Sebenernya AHA dan BHA itu apa sih?

  • AHA (alpha hydroxy acid), bersifat water-soluble dan mampu mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit nampak kusam. Jenis-jenis AHA : glycolic acid, lactic acid, malic acid. AHA ini cocok untuk dry skin.
  • BHA (beta hydroxy acid), sifatnya oil-soluble jadi mampu masuk ke dalam pori-pori dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. In general, BHA is recommended for oily skin, and people with clogged pores. Jenis-jenis BHA : salicylic acid, bethaine salicylate.

Verdict :

Kenapa exfoliation itu penting? Karena sel-sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah menjadi kusam, selain itu dapat menghambat penyerapan dari skincare yang kita pakai ke kulit. Sebelumnya aku pernah bilang kalau kulit aku ini jenisnya kering, lalu kenapa aku coba erha yang jelas-jelas ada kandungan BHA-nya dan bukan produk exfoliant lain yang hanya mengandung AHA? Itu karena di sekitar hidung dan daguku ini cukup banyak terdapat komedo serta sebaceous filament yang membandel. Jadi concern aku sebenernya lebih ke BHA ini, karena aku baru pertama kali pakai acid exfoliant makanya aku coba dengan produk yang mudah didapat dan harganya terjangkau dulu yaitu si erha ini hehe ^^

Bisa dilihat teksturnya cenderung cair tetapi tidak cair seperti air, mungkin sedikit lebih kental dari lotion Hadalabo. Setelah pemakaian selama kurang lebih 3 mingguan (Fyi, penggunaan exfoliant ini sebaiknya jangan setiap hari karena rentan terjadinya over-exfoliate, disini aku pakai hanya 2 kali seminggu), Alhamdulillah tidak ada reaksi alergi dan breakout di aku, waktu awal pemakaian memang mucul 1-2 jerawat di sekitar pipi dan dahi tapi kemudian ga muncul lagi mungkin itu purging. Semakin kesini aku ngerasa kulitku berasa semakin halus setelah rutin pemakaiannya, bagian hidung sama dagu yang tadinya kerasa kasar waktu diraba sekarang udah halussssss! Goodbye my strawberry nose xDD Kalau untuk jerawat, berhubung aku jarang jerawatan jadi ga gitu merhatiin hasilnya. Oh ya, setiap kali pemakaian ini harus diiringi dengan pemakaian hydrating toner atau apapun itu yang sifatnya melembabkan yah. Caranya, setelah pakai acid exfoliator ini jangan ditimpa apa-apa selama 15-25 menit kalau sudah meresap baru ditimpa hydrating toner. Overall, aku puas banget sama hasilnya!

Final Thought :

(+) Blackheads and Whiteheads di hidung dan dahi jauh berkurang!

(+) Mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah terasa halus dan cerah.

(+) Mudah didapat

(+) Affordable price!

(-) Terdapat bau obat dan alcohol yang lumayan kencang.

(-) Membuat wajah terasa kering.

Product price: IDR 88.000

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Packaging rating
Product rating
Price rating
Summary
Repurchase? Yes

About the author

A geology student and a tight-budget beauty enthusiast.

Related Posts

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

REVIEW : Dolly Wink Liquid X Pencil Eyeliner

Hi Girls, kalian pasti deh sering denger kan