Memanjakan diri adalah hal penting yang sering terlupakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan padatnya aktifitas, sering kali kita hanya sempat melakukan perawatan tubuh dasar saja untuk menjaga penampilan. Padahal, dari waktu ke waktu tubuh bisa lelah baik secara fisik maupun spritual karena tekanan hidup, jam kerja panjang dan kondisi lingkungan yang tidak sehat. Saatnya menghetikan aktivitasmu sejenak dan beri kesempatan tubuhmu untuk beristirahat dan menyembuhkan diri. Tidak perlu dengan rencana liburan yang lengkap atau menghabiskan simpanan untuk perawata spa total, ritual mandi sederhana ini bisa kamu lakukan di rumah sekaligus bisa dilakukan sewaktu waktu.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari ritual mandi ini, ikuti langkah-langkah dan persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir biji oat (untuk melembutkan kulit dan menghilangkan stress)
  • 1 cangkir jahe parut (untuk punggung sakit)
  • 1 cangkir daun mint (merangsang regenerasi kulit)
  • ½ cangkir madu murni (kaya antioksidan)
  • ¼ cangkir baking soda (untuk kulit lembut)
  • 1 cangkir daun sage (untuk otot yang tegang)
  • 6 bunga mawar segar
  • 5 batang daun pandan
  • Minyak astiri untuk relaksasi (disarankan chamomile, melati atau lavender)
  • Dupa aroma terapi (disarankan cedar, cendana atau teatree)

Ritual Mandi:

  1. Pertama-tama buat sari oat dan jahe. Rebus biji oat dan jahe dengan 1 liter air dalam panci bertutup dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Saring sisa oat dan jahe, hingga hanya tersisa airnya saja.
  2. Siapkan bathtub dan isi dengan air hangat hingga ¾ penuh. Apabila tidak memiliki bathtub bisa menggunakan bak mandi besar yang cukup untuk berendam.
  3. Tuang sari jahe and oat ke dalam bak, beserta bahan-bahan lainnya. Tunggu beberapa menit agar bahan-bahan tercampur dengan air dan bahan aktifnya mulai bekerja
  4. Tenangkan pikiran dari hal-hal negatif dan nikamti ritual mandi berendam sambil pijat tubuh dengan lembut menggunakan minyak astiri kesukaanmu selama mandi.
  5. Akan lebih membantu untuk memutar musik yang menenangkan selama ritual berlangsung dan biarkan bahan-bahan tersebut menyembuhkan tubuhmu.

Jika ritual mandi sudah selesai, bersihkan tubuh dengan lembut dan kenakan pakaian yang nyaman. Nyalakan dupa aroma terapi dan matikan semua alat elektronik, lalu tenangkan pikiran untuk bersantai. Perangkat elektronik dan cahaya artificial membawa hawa negatif ke dalam ruangan yang bisa membuat tubuh lebih cepat depresi dan lelah. Melepaskan diri dari alat elektronik dan pengaruh aroma terapi akan membantu tubuh menjadi relaks dan kembali seimbang.

Mmemberikan kesempatan tunuh untuk berisitirahat sangat banyak manfaatnya agar tubuh bisa kembali beraktifitas maksimal dengan pikiran yang jernih. Selain itu, ritual mandi ini juga bermanfaat untuk kecantikan kulit dan melemaskan otot yang kaku serta mengilangkan pegal-pegal. Mulailah sempatkan waktu untuk memanjakan diri dan cintai hidupmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hal yang Harus Kamu Ingat Saat Membeli Lipstik

Membeli lipstik nampaknya cukup sederhana, hanya pergi ke