Pernikahan adalah keputusan yang penting dalam hidup, jika tidak dipikirkan dengan baik maka akan berujung penyesalan. Masalah finansial seringkali disebut-sebut sebagai salah satu penyebab utama keretakan dalam rumah tangga dan bahkan perceraian. Banyak pasangan yang sulit berkompromi pada hal yang satu ini. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membahas masalah keuangan bersama pasangan. Meskipun masalah keuangan merupakan suatu hal yang sensitive, tetapi hal ini sangat penting dibahas dengan pasangan. Dengan adanya pembahasan masalah keuangan, kamu dan pasangan akan lebih siap dalam menyusun keuangan ketika menikah nantinya. Semua masalah keuangan tidak boleh ada yang terlewatkan dan jangan sampai ditutup-tutupi, karena hal ini menyangkut masa depan kondisi keuangan kamu dan pasangan. Masalah keuangan memang terdengar sepele, tetapi masalah ini menjadi serius jika tidak segera dibahas. Jadi ada beberapa masalah keuangan yang harus dibicarakan dengan pasangan sebelum menikah, antara lain :

  1. Masalah Penghasilan

Sebelum kalian memutuskan untuk hidup bersama dalam ikatan pernikahan, sebaiknya kamu dan pasangan terbuka masalah penghasilan kalian. Terbuka dengan jumlah penghasilan dan bagaimana mengolahnya. Berapa dana yang digunakan untuk makan, tabungan, ataupun investasi. Dengan begini akan mengurangi risiko di masa yang akan datang.

  1. Saldo Tabungan

Berapapun uang yang kamu sisihkan, pasangan harus mengetahui hal ini. Kamu tidak perlu menyatukan tabungan, asalkan masing-masing mengetahui berapa uang yang ditabung. Jika tidak seperti itu, pasangan akan mengira salah satu diantara kalian berupaya menyembunyikan uang karena tak mau memberitahukan saldo tabungan.

  1. Masalah Hutang

Hutang adalah sesuatu hal yang sangat sensitive. Kamu harus jujur pada pasangan berapa tagihan yang kamu bayar setiap bulannya untuk mengangsur hutang yang kamu miliki. Jangan sampai pasangan menganggap kamu terlalu boros dalam memanfaatkan gaji yang kamu miliki.

  1. Bayaran Bulanan

Ada beberapa jenis pengeluaran yang harus dibayar setiap bulannya, missal kontribusi sumbnagan kepada sebuah yayasan, gym, dan lain sebagainya. Pembayaran yang dilakukan tiap bulan ini harus diatur dan dibayar dengan tuntas sebelum menikah. Lanjut atau tidak, kamu bisa membicarakannya dengan pasangan agar bisa berjalan baik ke depannya.

  1. Kartu Kredit

Topic ini biasanya topic yang sering menimbulkan masalah. Jadi alangkah lebih baik kamu mendiskusikan masalah mengenai kebiasaan dal;am menggunakan kartu kredit. Mulai dari pembelian barang yang boleh menggunakan kartu kredit hingga batsan pembayaran tiap bulannya. Jumlahkan semua hutang kartu kredit berdua, dan susun rencana untuk membayarnya.

  1. Rencana Keuangan

Diskusikan tentang rencana keunagan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Diskusikan tentang rencana keuangan bersama tentang pendapatan dan pengeluarannya. Atau kalian akan sama-sama bekerja atau suami saja yang bekerja. Dengan begitu akan membantu menyelesaikan masalah keuangan.

Baca juga Meskipun Sudah Menikah, Wanita Cerdas Tidak Akan Melakukan Tindakan “Habis Manis, Sepah Dibuang”!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Romantis Tidak Harus Repot Lho

Bentuk kenikmatan tertinggi yang bisa dialami manusia adalah