Rambut rontok bisa jadi musuh terbesar yang menghantui setiap orang. Bukan hanya merepotkan dan mengotori lantai kamar, tetapi resiko kebotakan dini juga bisa membuat tidur malam jadi tak nyenyak. Jangan keburu cemas, ladies. Rambut rontok memang wajar terjadi apabila rambutmu terlalu panjang atau sering terkena proses kimiawi. Apabila kamu tidak ingin rambutmu rapuh, sebaiknya hindari penggunaan styling yang berlebihan, seperti hair dryer, catok, dan pengeriting. Tetapi, sumber masalah sebenarnya dari kerontokan adalah akar rambut yang rapuh. Jangan kuatir, empat bahan alami ini bisa membantumu menguatkan akar rambut dari dalam.

1. Gooseberry

Buah goosebery atau buah alma adalah jenis beri-berian yang sering dipakai sebagai rempah-rempah suku Indian. Buah ini kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan kolagen. Kekurangan kolagen, selain buruk untuk kulit, ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi rambut. Campurkan satu sendok makan sari buah alam dan satu sendok makan sari lemon dan tuang ke atas kulit kepala. Pijat-pijat dengan lembut lalu biarkan semalaman. Saat bangun, keramas seperti biasa dan biarkan rambut kering dengan sendirinya. Lakukan perawatan ini tiga kali sehari untuk hasil maksimal.

2 Lidah buaya

Enzim dari daging lidah buaya sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Bahan aktif alaminya juga bisa membantu mengembalikan Ph alami kuli kepala yang sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan rambut. Bagi yang sering mengalami gatal-gatal dan iritasi, obat alami ini sangat cocok untuk menguranginya dan membuat kulit kepala terasa adem. Usapkan daging lidah buaya ke kulit kepala dan rambut lalu biarkan hingga kering. Setelah itu, bilas dan keramas dengan air hangat dan diakhiri dengan air dingin. Perawatan ini bisa kamu lakukan 3 kali seminggu agar rambutmu semakin sehat.

3. Buah beet

Buah beet sebenarnya termasuk umbi-umbian dan sering digunakan sebagai pewarna merah ungu alami pada makanan. Selain itu, buah ini kaya akan potasium dan kalsium, serta vitamin B dan C yang sangat disukai rambut. Buat jus buah beet dicampur dengan sedikit wortel dan bayam. Minum jus ini seminggu dua kali agar masalah rambut rontok pergi jauh-jauh. Selain untuk kesehatan rambut, jus ini juga sangat bagus sebagai suplemen diet loh.

4. Santan Kelapa

Santan kelapa sudah dipercaya dari dulu efektif untuk mempertebal rambut dan menguatkannya. Selain mengurangi rambut rontok, lemak sehat dan protein di dalamnya akan menutrisi akar rambut dan membuat batang-batang rambut lebih tebal. Keramas dengan santan kelapa sangat baik bagi kamu yang ingin memiliki rambut panjang hitam berkilau seperti model iklan shampoo. Disarankan memilih kelapa yang sudah agak tua dan mengambil santannya (bukan santan kemasan) lalu mengoleskannya secara merata di kulit kepala. Hangatkan sebentar santan agar lebih kental dan gunakan sisanya untuk membilas rambut sebelum keramas seperti biasa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rencana Valentine Bersama Pasangan Tercinta

Masih bulan Januari, kenapa membahas Valentine? Jangan salah,