lemon-squeezer-609273_1920

Tak hanya lezat dan enak jika dikonsumsi sebagai minuman yang baik untuk kesehatan, lemon juga memiliki banyak khasiat untuk keperluan lain. Baik pada daging buah atau kulit buahnya.  Tidak hanya bisa dikonsumsi saja, lemon juga dapat berfungsi dalam hal-hal sebagai berikut, yakni antara lain:

Membersihkan Noda

Kamu bisa memanfaatkan buah lemon sebagai pembersih noda pada perabotan-perabotan berbahan aluminium dan tembaga. Kamu bisa mencampur perasan lemon dengan sedikit garam agar sedikit lebih netral atau tidak terlalu asam, kemudian gosokkan ke bagian perabotanmu yang bernoda.

Menyemir Sepatu

Selain menggunakan bahan untuk menyemir sepatu seperti biasa, kamu juga dapat memanfaatkan lemon sebagai penyemir sepatu. Kamu bisa mencampur minyak zaitun dengan beberapa tetesan air lemon, kira-kira dua sendok teh. Kemudian, oleskan pada seluruh bagian sepatu yang hendak kamu bersihkan.  Campuran air lemon dan minyak zaitun ini dapat membuat sepatumu kembali kinclong, lho.

Mencegah Lengket

Jika kamu mengalami situasi ketika nasi yang telah masak menjadi lengket pada wadah pemasak ketika sedang menanak nasi, kamu bisa mengatasi hal ini dengan meneteskan beberapa tetesan air lemon ketika sedang mencuci beras. Dijamin, nasi tidak akan menempel lagi pada wadah pemasak.

Mengusir Serangga

Asam dari lemon dipercaya dapat mengusir keberadaan serangga yang mengganggu di rumahmu, misal seperti kutu dan semut. Cukup kamu ambil satu buah lemon, kemudian peras air lemonnya saja dan tambahkan sedikit air, kemudian semprotkan ke arah jalannya serangga tersebut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Berbagai Manfaat Garam Epsom Buat Kesehatan dan Kecantikanmu

Tahu garam Epsom? Garam yang banyak dijual di