Rasa lelah di mata kerapkali menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan menjadikan aktivitas sehari-hari terganggu. Terutama jika kondisi ini terjadi saat kamu dalam posisi untuk beraktivitas misalnya bekerja, belajar dan bahkan mengemudikan kendaraan. Mata lelah sebetulnya bukan masalah yang serius dan dapat hilang sendiri usai kamu istirahat.

 

Mata lelah sendiri diartikan sebagai gangguan mata karena pemakaian mata di jangka waktu yang lama tanpa memberi waktu istirahat untuk mata. Mata lelah dapat disebabkan karena menyetir kendaraan jauh, menatap komputer dan gadget di waktu lama hingga terlalu lama dalam membaca. Selain itu sebab lainnya yakni dengan adanya kelainan refraksi mata, melihat di ruang minim cahaya hingga terpapar cahaya terlalu terang.

 

Mengenal gejala mata lelah

Mata lelah dapat dikenali dengan beberapa gejala, seperti:

  • Mata terasa pedih, nyeri dan gatal.
  • Mata berair dan terasa kering.
  • Pandangan menjadi kabur dan berbayang.
  • Mata menjadi sensitif pada cahaya.

 

Jangan salah, ternyata gejala dari mata lelah ini bukan hanya dirasakan di mata saja lho, tapi bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kamu akan merasakan nyeri di bahu, punggung, leher dan bahkan sakit kepala. Gejala seperti ini akan makin menjadi ketika kamu juga memiliki kondisi jarang tidur. Ini adalah pertanda jika mata kamu sudah membutuhkan waktu untuk istirahat dan memperbaiki jaringan di dalam.

 

Tips cegah mata lelah

Mata lelah erat kaitannya dengan kondisi pekerjaan seseorang. Beberapa hal berikut ini dapat dilakukan untuk bisa mencegah kondisi mata lelah. Yuk cari tahu!

  • Aturlah pencahayaan dan juga posisi layar komputer saat kamu bekerja. Selain itu jangan lupakan jarak aman layar dan mata yaitu 50-60 cm sehingga jarak tersebut ideal. Carilah kursi juga yang bisa diatur posisinya.
  • Perhatikan juga pencahayaan untuk ruangan kamu. Jangan sampai lampunya terlalu terang karena menjadikan mata silau, atau justru terlalu gelap karena akan membuat mata pedih.
  • Istirahat berkala dalam waktu 20 detik ketika membaca atau mengoperasikan komputer. Kamu dianjurkan istirahat selama 20 detik usai 20 menit bekerja. Caranya, alihkan tatapan mata kamu ke arah lain dengan jarak yang agak jauh. Dengan demikian matamu akan lebih rileks.
  • Lakukan juga perawatan mata rutin yakni dengan menggunakan kain hangat untuk menyegarkan mata. Kamu juga bisa menggunakan tetes mata.

 

Tips obati mata lelah

Jika kamu merasakan mata lelah, maka berikut ini beberapa langkah pengobatannya:

  • Ketika kamu sudah merasa mata kelelahan saat membaca, maka kamu harus sering berkedip. Kamu juga bisa menutup mata sambil memijatnya sedikit sehingga rasa lelah di mata berkurang.
  • Kurangi pencahayaan komputer ketika kamu sudah bekerja terlalu lama di depan komputer. Atur juga posisi duduk, jarak hingga kontras. Jangan lupa alihkan pandangan mata kamu dari komputer.
  • Lakukan peregangan kaki, tangan dan bahu sehingga rasa lelah bisa berkurang.
  • Jika mata kamu kering dan merasa bahwa berkedip tidak membantu, maka pakailah obat tetes mata. Kompres juga mata dengan kain yang sudah dibasahi air hangat.
  • Pakai kacamata khusus ketika bekerja dengan komputer atau menggunakan gadget.

 

Baca Juga :

Hindari 5 Kesalahan Ini, Agar Bulu Mata Kamu Tetap Lebat dan Lentik

“Katanya” Kacamata Bisa Menimbulkan Jerawat? Cek Kebenarannya Disini!

Mau Nampak 10 Tahun Lebih Muda? Cobain Trik Makeup Mata Berikut Ini Yuk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Tidak Perlu Meminta Maaf Untuk 6 Hal Ini

Apakah kamu tipe orang yang sering meminta maaf