Mengonsumsi makanan sehat dapat menurunkan risiko diabetes, hipertensi, penyakit jantung, serta penyakit pikun (Alzheimer). The National Institutes of Health mengatakan ada beberapa bukti bahwa makanan, atau gaya hidup sehat dapat mencegah penyakit Alzheimer, atau kepikunan .

Alzheimer adalah salah satu dari penyakit yang paling ditakuti orang. Penyakit ini bisa membuat seseorang kehilangan akal dan pikiran. Penyakit Alzheimer tak hanya menimpa orang tua atau dewasa saja, bahkan juga sering terjadi pada anak kecil. Sebenarnya penyakit Alzheimer sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, tetapi para ahli kesehatan mengamati bahwa ada faktor lain yang dapat membuat seseorang terserang Alzheimer. Faktor-faktor tersebut, antara lain, gizi, pendidikan, kondisi diabetes, aktivitas mental serta fisik. Dari faktor makanan atau gizi, perlu kamu ketahui untuk menghindari penyakit demensia dan pikun.

Berikut adalah makanan yang dapat mencegah kepikunan.

  1. Biji-bijian dan Kacang
    AA026294

Biji-bijian, terutama gandum, dapat menyebabkan generasi sel. Selain itu, gandum juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kenari kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial.

  1. Tiram
    gizi-tiram

Ini mungkin bukan asing bagi penggemar seafood, Tiram mengandung seng danzat besi, yang akan membuat pikiran lebih tajam dan tetap fokus.

  1. Blueberry
    blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan, yang dapat membantu untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Buah ini juga mampu menjaga keseimbangan dan sinkronisasi sel-sel tubuh yang terkait dengan usia.

  1. Ceri
    ceri

Buah Ceri memiliki dua sifat yang penting bagi tubuh, yaitu anti oksidasi dan anti peradangan. Buah ini dapat berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan demensia.

  1. Ikan
    ikan

Makan ikan, terutama salmon dan tuna, dapat membantu untuk pertumbuhan otak. Hal ini karena ikan kaya akan protein dan kalsium.

  1. Tomat
    tomat

Tomat kaya likopen, yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel, dan mengurangi risiko demensia dan Alzheimer.

  1. Telur
    telur

Telur kaya akan vitamin B12, dan kolin. Ini membantu untuk membangun sel-sel otak sehingga dapat meningkatkan memori.

  1. Brokoli
    brokoli

Brokoli sarat dengan nutrisi, khususnya vitamin K, yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otak secara keseluruhan.

  1. Daging sapi
    daging-sapi

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber zat besi, vitamin B12 dan seng, yang membantu meningkatkan memori dan jaringan saraf di otak.

  1. Yogurt
    Yogurth

Asam amino yang terkandung dalam yoghurt mampu untuk membantu mengurangi stres. Ketahulah bahwa stres itu dapat mempercepat penuaan sel-sel otak..

  1. Cokelat
    cokelat

Makan coklat yang terlalu banyak tentu tidak baik untuk kesehatan. Namun, coklat hitam sangat baik untuk kesehatan otak. Cokelat mengandung flavonol yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

  1. Kopi
    kopi

Kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia, karena kopi kaya akan kafein dan antioksidan. Namun, kamu tidak harus berlebihan minum kopi, karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Para ahli juga menekankan bahwa olahraga teratur juga merupakan bagian penting dari upaya untuk mencegah munculnya berbagai penyakit, termasuk demensia atau Alzheimer. Jadi, akan sangat baik jika kamu makan makanan sehat yang diimbangi dengan olahraga untuk mencegah kepikunan dan penyakit Alzheimer, serta manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga Konsumsi 10 Makanan dan Minuman Ini Jika Tidak Ingin Jerawatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Stress Karena Payudara Kamu Kecil? No Worries.. Ini Dia Makanan Untuk Memperbesar Payudara Secara Alami

Wanita memang tak bisa dilepaskan dari tampilan kesempurnaan.