Kehamilan pastinya menjadi momen yang begitu membahagiakan untuk tiap pasangan. Baik ini kehamilan pertama, kedua atau lebih dari itu, selalu memberikan kesan tersendiri untuk tiap ibu hamil. Jika kamu telah masuk di trimester ketiga, maka selamat ya ladies karena kamu akan segera bertemu dengan bayimu. Kamu pasti sudah merasakan kecemasan, keluhan hingga ketidaknyamanan karena perut yang sangat besar.

Hamil di trimester ketiga berarti sudah masuk ke trimester akhir dimana berlangsung di minggu 28 hingga minggu 40. Ketidaknyamanan akan makin dirasakan para ibu hamil karena ukuran bayi makin besar, perubahan hormonal hingga perubahan lainnya karena respon alami tubuh dalam mempersiapkan keluarnya bayi. Inilah beberapa ketidaknyamanan yang akan bisa kamu rasakan disertai cara mengatasinya.

Rasa lelah

Berat badan yang makin bertambah dan ukuran janin yang kian membesar bisa menjadikan ibu hamil pun lebih mudah merasakan lelah. Jika kamu merasakan hal demikian, maka lakukanlah hal berikut ini:

  • Perbanyaklah waktu untuk istirahat dengan tidur lebih awal. Jika kamu adalah wanita bekerja, maka kamu bisa mengambil waktu di jam istirahat setidaknya sebentar untuk bisa merebahkan diri.
  • Konsumsi makanan sehat tiap harinya sehingga bisa menambah tenaga sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian kamu. Beberapa makanan rekomendasi misalnya roti gandum, sayur, buah, kacang-kacangan dan lainnya.
  • Tetaplah rutin melakukan olahraga ringan misalnya renang, jalan kaki, hingga yoga khusus ibu hamil.
  • Usahakan untuk minum air putih sehingga mencegah dehidrasi.

Nyeri punggung

Mengingat ibu hamil harus menopang tubuh dengan lebih berat, maka nyeri punggung pun akan makin terasa dan menyiksa. Sendi di punggung pun akan mengendur sehingga postur tubuh juga terpengaruh. Nyeri punggung akan bisa diatasi dengan melakukan olahraga serta latihan panggul. Selain itu, cobalah letakkan bantal pada punggung ketika tidur sehingga punggung bisa tersokong. Pastikan duduk dan berdiri dengan posisi tepat sehingga postur tubuh juga bagus.

Frekuensi buang air kecil yang meningkat

Janin akan semakin turun ke panggul di trimester akhir kehamilan sehingga menjadikan kandung kemih tertekan. Itulah mengapa frekuensi buang air kecil kamu pun bisa meningkat. Memang capek sekali ketika kamu harus bolak balik ke toilet. Coba kamu hindari minuman dengan kandungan kafein karena bisa jadikan buang air kecil makin sering. Air putih tetap harus kamu minum dalam jumlah minimal 8 gelas, tapi hindari minum sebelum tidur. Jika memang ingin buang air kecil maka jangan ditahan.

Nafas terasa sesak

Rahim yang makin besar tentunya menjadikan otot di bawah organ paru pun tergencet. Inilah yang menjadi alasan mengapa nafas kadang terasa sesak. Ada baiknya kamu topanglah kepala serta bahu menggunakan bantal saat tidur. Selain itu, olahraga juga bisa jadi terapi yang memungkinkan postur tubuh diperbaiki sehingga paru bisa mengembang maksimal saat bernapas.

Itulah beberapa keluhan umum yang kerap dirasakan ibu hamil pada saat trimester tiga kehamilan. Jika dengan cara tersebut keluhan masih dirasakan, maka ada baiknya kamu konsultasi kepada dokter kandungan untuk diberikan penanganan medis.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/berat-badan-bisa-pengaruhi-kesuburan-dan-sulit-hamil-benarkah-demikian/

http://www.tampilcantik.com/perhatikan-kenaikan-berat-badanmu-inilah-kebutuhan-kalori-saat-hamil/

http://www.tampilcantik.com/yuk-kendalikan-asma-saat-hamil-dengan-tips-berikut-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Nyeri Haid yang Parah

Apakah kamu sering mengalami nyeri haid saat menstruasi?