Related image

Sakit adalah hal yang menyebalkan Bukan?

Nah, apakah kamu berolahraga untuk menurunkan berat badan, membangun otot dan / atau untuk membuat diri kamu merasa lebih baik? Tetapi kamu harus hati-hati saat melakukannya, karena kamu pasti tidak mau kan jika harus berbaring ditempat tidur berhari-hari karena hal ini.

Pernahkah kamu memikirkan hal itu? Sedikit pemanasan sebelum olahraga dapat membantu kamu mengatasi risiko cedera semacam itu. Kami memahami bahwa sebagian besar dari kamu memprioritaskan latihan untuk pemanasan atau pendinginan. Tetapi apakah kamu tahu bahwa mempersiapkan tubuh kamu sebelum melakukan olahraga intens sangat penting bukan hanya untuk menjaga cedera  tetapi juga membuat latihan kamu menjadi yang terbaik. Bahkan, semakin intensif latihan rutin kamu, semakin penting pemanasan yang tepat untuk kamu.

Berbagai keuntungan dari pemanasan yang sistematis dan menyeluruh termasuk meningkatkan aliran darah ke otot yang bekerja mengurangi kemungkinan kamu untuk mendapatkan kekakuan otot. Dengan kata lain, pemanasan mempersiapkan kamu secara fisiologis dan psikologis untuk sesi olahraga yang lebih ekstrim.

Beberapa Manfaat Khusus Pemanasan

  • Tubuh dan pikiran kamu bersiap-siap untuk rutinitas olahraga yang berat.
  • Meningkatkan suhu inti dan otot tubuh kamu.
  • Membantu melemaskan otot-otot sekaligus membuatnya lentur dan tidak kaku.
  • Meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan kamu dengan baik, yang diperlukan untuk mempersiapkan tubuh kamu untuk olahraga
  • Meningkatkan aliran darah, dan akibatnya mengurangi pengiriman oksigen dan nutrisi penting untuk melatih otot
  • Semua ini, bersama-sama, membantu menyiapkan otot dan tendon untuk lebih banyak aktivitas berat.

Panduan Pemanasan yang Tersusun dengan Baik

Sekarang kita akan menguraikan tentang cara pemanasan sebelum suatu kegiatan, baik itu berolahraga atau latihan  apa pun.

Jenis peregangan dinamis berikut ini, yang akan kita bagikan, membantu tubuh kamu menghangatkan sendi dan jaringan ikat ke atas, juga tanpa memperpanjang jaringan otot kamu.

  1. Knee Raise

Tujuan menaikkan lutut adalah untuk meregangkan sendi dan otot pinggul kamu. Untuk melakukan gerakan ini, angkat lutut kamu ke atas, bawa mereka sedekat mungkin ke dada kamu, secara bersamaan mengayunkan tubuh bagian atas ke bawah.

  1. Knee Cross

Latihan ini kurang lebih serupa dengan yang sebelumnya. Tetapi satu-satunya perbedaan adalah kamu menarik lutut ke arah siku yang berlawanan. Gerakan ini menghangatkan inti, sampai batas tertentu, memberi tenaga pada perut dan punggung bawah kamu.

  1. Leg Swing (Forward)

Untuk melakukan gerakan ini, kamu harus berdiri dengan kaki selebar pinggul terpisah, berpegangan pada dinding atau tiang. Menjaga salah satu kaki kamu tetap stasioner, kamu  mengayunkan kaki yang lain dengan gerakan halus dan kemudian mengulangnya untuk kaki yang lain sampai 20 repetisi. Ini

  1. Trunk Rotations

Angkat lengan kamu secara lateral pada tingkat bahu dan putar badan sekitar 90 derajat ke kanan kamu, dan kemudian kembali berputar ke kiri. Ini adalah salah satu latihan pemanasan badan terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Jog On The Spot

Yang perlu kamu lakukan adalah melibatkan inti kamu dan joging dengan lembut di tempat, sambil mengayunkan lengan kamu sesekali. Ini secara ajaib dapat meningkatkan detak jantung kamu membuat kamu siap untuk kegiatan yang akan datang.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan