Jerawat adalah musuh terburuk kita. Bagaimanapun, kita semua menginginkan kulit yang bersih.  Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap jerawat, termasuk polusi, kebiasaan makan yang buruk, tidak menghilangkan make up setelah hari yang panjang, tidak mencuci muka sebelum tidur, pengaruh pms, dll.

Tapi, jangan khawatir.  Kamu bisa menanggulangi masalah jerawat dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur. Lihatlah bahan-bahan dapur di bawah ini yang akan membantu kamu membasmi jerawat :

  • MADU

Madu mentah / Madu murni adalah makanan super kuat yang dapat membantu kamu melawan jerawat.  Oleskan sedikit sebelum tidur dapat menghilangkan noda, mengurangi kemerahan dan melembutkan kulit.  Ini karena madu mampu menghentikan pertumbuhan bakteri dan membersihkan kulit kamu.  Madu menghilangkan kotoran yang masuk ke pori-pori terbuka.  Kamu juga bisa mencampurkannya dengan sejumput kunyit atau kayu manis.

  • TOMAT

Tomat kaya akan likopen, suatu enzim yang mengendurkan lapisan kulit mati dan membantu menghilangkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat.  Buah ini juga mengandung antioksidan yang membantu mengembalikan kelembaban alami kulit dengan menghilangkan radikal bebas yang akhirnya menyebabkan kerusakan sel kulit. Cara terbaik adalah mengiris tomat dan mengoleskannya langsung di wajah kamu, biarkan selama 20 menit  kemudian cuci dengan air dingin.

  • ALOE VERA

Lidah buaya memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri.  Dengan demikian, secara efektif ia akan merawat bekas luka atau jerawat di wajah kamu.  Sifat anti-jamurnya juga berguna untuk mengobati peradangan dan gatal-gatal.  Cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan mendapatkan gel lidah buaya murni. Kamu bisa mengambil sepotong tanaman lidah buaya dan menggunakan gel alami yang dingin untuk menenangkan jerawat yang meradang dan mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

  • KUNYIT

Kunyit adalah salah satu bahan paling kuat yang digunakan untuk melawan berbagai masalah kulit.  Kunyit memiliki sifat antibakteri yang mencegah jerawat pecah.  Selain itu, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu kamu menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh peradangan.  Campur kunyit dan susu untuk membuat pasta kental dan oleskan di daerah yang berjerawat. Kamu juga bisa mengoleskan kunyit dan air murni langsung ke wajah kamu.

  • JUS LEMON

Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit kamu dan membantu mengobati jerawat serta mengangkat sel-sel kulit mati.  Kamu dapat mencampur jus lemon dengan madu atau air mawar dan mengoleskannya pada kulit kamu.  Kamu juga bisa memeras lemon dan oleskan ke wajah dengan cotton bud.  Jus Lemon berfungsi sebagai zat dan melawan pembengkakan dan bakteri. Ia juga mampu mengeringkan infeksi.

  • CUKA SARI APEL

Cuka Sari Apel adalah produk yang diremehkan yang tidak mendapat pengakuan.  Padahal cuka ini mampu membantu penurunan berat badan, jerawat dan pengaturan gula.  Cuka Sari Apel membantu membersihkan kulit kamu, dengan menghilangkan kotoran dan debu.  Ini menembus jauh ke dalam kulit dan membersihkannya dari dalam.  Sebaiknya encerkan cuka sari apel dengan air (dalam perbandingan 1: 3) sebelum dioleskan ke kulit, karena cuka ini merupakan komponen yang kuat, kamu harus mencampurkannya dengan air.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/4-alasan-mengapa-kamu-mengalami-nyeri-haid-yang-parah/

http://www.tampilcantik.com/hilangkan-milia-dengan-bahan-alami-ampuh-berikut-ini/

http://www.tampilcantik.com/bahan-bahan-alami-ini-bisa-memutihkan-siku-dan-lutut-yang-hitam-loh/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Supaya Kuku Tetap Sehat

Apakah kamu sering memerhatikan kuku? Apakah kamu rutin