Sate kambing, gulai kambing hingga sop kambing, semuanya tentu menu yang sangat akrab sekali di telinga orang Indonesia. Ya, menu tersebut dibuat dari daging kambing dimana kandungan gizinya yang tinggi. Meski tak sedikit orang yang kurang suka dengan daging kambing karena baunya, tapi manfaatnya tidak boleh dilewatkan lho.

Di 100 gram daging kambing, paling tidak ada 150 kalori, 15 gram lemak dan 27 gram protein. Selain itu daging kambing pun mengandung vitamin, kalium, zat besi, selenium, magnesium hingga omega 3. Mengingat kandungan di dalam daging kambing, maka berikut ini beberapa manfaat yang harus kamu tahu.

Manfaat daging kambing

Memelihara massa otot

Kamu tentu sudah tidak asing lagi jika daging kambing dikenal menjadi sumber protein dan juga asam amino yang baik. Nutrisi tersebut amat dibutuhkan tubuh sehingga bisa menjaga massa otot, memperbaiki jaringan tubuh rusak hingga meningkatkan stamina dan juga kekuatan dari otot. Ini karena tiap orang dewasa harus mencukupi protein 50 hingga 70 gram tiap harinya. Untuk itu, daging kambing bisa jadi solusi dalam memenuhi kebutuhan protein kamu.

Mencegah anemia

Terdapat setidaknya 4 miligram zat besi pada 100 gram daging kambing dimana bermanfaat untuk bisa cegah terjadinya anemia. Kondisi anemia sendiri adalah saat sel darah merah berkurang lantaran kekurangan zat besi. Jika kamu mengalami anemia, maka kondisi ini bisa menjadikan organ dan juga jaringan tubuh menjadi kekurangan oksigen yang menjadikan fungsi pun terganggu. Wah, serem yah.

Mengelola tekanan darah

Asupan kalium sangat penting untuk kebutuhan harian dimana dibutuhkan untuk bisa mengatur detak jantung dan bahkan menjaga tekanan darah untuk tetap stabil. Perlu diketahui jika 100 gram daging kambing punya kandungan 400 mg kalium. Daging kambing memang bisa menjadi salah satu pilihannya, tapi kamu juga bisa memenuhi kebutuhan kalium harian dengan makanan sumber kalium lainnya.

Cara sehat mengolah daging kambing

Memang daging kambing punya kandungan nutrisi yang amat baik bagi tubuh. Tapi jangan lupa juga jika daging kambing pun adalah sumber lemak jenuh. Apabila terlalu banyak dikonsumsi, maka kadar kolesterol di tubuh juga bisa meningkat. Pastinya ini tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Agar konsumsi daging kambing tidak menjadikan kesehatan terganggu, maka dibatasi 1 hingga 2 porsi saja per minggunya.

Cara pengolahan dari daging kambing pun tidak boleh dilakukan dengan sembarangan lho. Kamu dianjurkan agar pengolahannya tidak dengan digoreng lantaran cara ini bisa jadikan kadar lemak di dalam daging kambing meningkat. Untuk rekomendasi pemrosesan daging kambing yakni bisa dibakar, disate, dipanggang atau dibuat sup. Jangan lupa juga untuk membuang lemak pada daging sebelum pengolahan lanjutan.

Itulah ulasan terkait manfaat dan cara pengolahan daging kambing yang baik. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk konsumsi daging kambing selama jumlahnya dibatasi dan cara pengolahannya tepat. Ada baiknya saat konsumsi daging kambing, kamu juga menambahkan sayur mayur sehingga bisa menjadikan gizinya lengkap dan seimbang untuk kebutuhan harian.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/manfaat-kesehatan-yang-mengejutkan-dari-susu-kambing/

http://www.tampilcantik.com/apakah-susu-kambing-bagus-untuk-kesehatan/

http://www.tampilcantik.com/waspadai-makanan-tinggi-lemak-trans-dengan-bahaya-yang-dibawanya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Bubble Tea? Waspadai Risikonya Jika Konsumsi Berlebihan

Bagi kamu yang suka dengan minuman kekinian, maka