Dengan cuaca yang masih sering hujan dan terkadang dingin menggigit, memakai sweater rajutan yang lembut dan nyaman memang sangat menyenangkan. Terlebih trend oversize sweater  atau turtleneck dipadukan dengan kemeja atau jaket keren sedang hits lagi di drama-drama Korea. Pastinya asyik tetap hangat sekaligus stylish di penampilan sehari-harimu.

Sayangnya, sweater rajutan yang nyaman gampang sekali melar atau berserabut setelah beberapa kali pemakaian. Terutama bisa tidak dicuci dengan baik dan benar. Sayang sekali apabila sweater kesayanganmu harus berakhir di dasar lemari karena sudah berantakan, lobang atau terlalu melar. Dengan langkah-langkah di bawah ini bisa membantumu merawat sweater agar tetap cantik dan nyaman dipakai.

Memilih Sweater yang baik

Saat hendak membeli sweater rajutan, selain model yang bagus, pilihlah pola rajutan yang rapat. Pola rajutan rapat akan lebih susah melar dan gampang dirawat. Beberapa benang rajut berwarna juga sering kali mudah luntur, karena itu lebih baik pilih yang menggunakan pewarna alami dan netral. Sweater warna netral juga lebih mudah dipadupadankan dengan warna lain.

Mencuci dengan hati-hati

Untuk menghindari melar, sebaiknya cuci menggunakan tangan dan air dingin atau hangat. Jangan menggilasnya terlalu keras karena bisa melukai benang rajutan, dan peras dengan menekan lembut dan bukannya memilin agar tidak membuat melar. Apabila mencuci dengan mesin, jangan dicampur dengan bahan keras seperti jeans atau baju berkacing besar dari logam. Akseoris logam akan membuatnya berserabut dan bahkan sobek. Gunakan pelembut pakaian untuk menjaganya tetap nyaman dan tidak kusut.

Sebisa mungkin jangan mengeringkannya menggunakan dryer di mesin cuci. Setelah air terperas habis, bentangkan di atas handuk dan diangin-anginkan hingga kering. Menggantungnya hanya akan membuat rajutan melar dan sinar matahari langsung bisa membuat warna benang rajut pudar dan tidak rata. Apabila di keringkan dengan benar, maka nantinya tidak perlu lagi merapikan dengan setrika, sehingga benang-benang rajut yang halus tidak cepat rusak.

Penyimpanan yang benar

Lipat dengan rapi ditempat yang sejuk dan bebas ngengat. Apabila hendak menggunakan gantungan, lipat menjadi dua bagian dan gantungkan di sela-sela gantungan. Menggantungkannya seperti biasa akan menyebabkan melar atau bekas di bagian bahu. Apabila masih hendak memakainya lagi sebelum dicuci, sebaiknya tetap dilipat dan jangan digantung di paku atau kaitan baju. Menggantung di kaitan baju hanya akan membuat titik yang digantung melar dan menonjol.

Untuk menghilangkan serabut, gunakan pisau cukur dengan hati di permukaan sweater. Debu-debu dan sisa benang yang menempel juga bisa dihilangkan menggunakan isolasi besar. Ambil kotoran-kotoran tersebut dengan menempelkan bagian yang lengket dari isolasi lalu tarik isolasi perlahan-lahan, maka sisa-sisa benang dan debu akan terbawa oleh isolasi.

Baca juga Tidak Perlu Pusing Mencuci Celana Jeans, Ikuti Tips Ini Dijamin Jeans Kamu Bakal Awet dan Tahan Lama

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan