Ternyata Ini Lho Cara Mengontrol Melanin Untuk Mencerahkan Warna Kulit

Kebanyakan warna kulit pada wanita yang tinggal dengan iklim tropis misalnya Indonesia memang cenderung kuning kecoklatan. Hal ini adalah karena jumlah melanin yang ada di tubuh dimana menjadi penentu tingkat kegelapan dari kulit tersebut. Pigmen coklat dari melanin sendiri bisa dikurangi dengan cara yang mudah lho ternyata.

Perlu diketahui sebelumnya jika jumlah melanin yang ada di tubuh berpengaruh pada warna kulit seseorang. Untuk kamu yang ingin memiliki warna kulit cenderung lebih cerah, maka jumlah melanin itu bisa dikurangi sehingga efeknya adalah pigmen di kulit pun akan bisa jadi lebih terang. Melanin pun dapat dipengaruhi dengan seberapa banyak waktu yang kamu habiskan di bawah matahari dan faktor genetik di seseorang. Pada dasarnya, pigmen coklat itu berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya untuk kulit.

Kontrol melanin dengan memperbanyak konsumsi vitamin C

Pasti kamu sudah mendengar tentang treatment kecantikan berupa suntik vitamin C. Suntik ini diinjeksi langsung ke tubuh dan hasilnya akan bisa langsung terlihat seketika dimana kulit menjadi lebih cerah dan putih. Meski demikian, ada banyak sekali efek samping yang bisa meresikokan diri kamu lho. Jika kamu menginginkan hasil permanen dan aman, maka ada baiknya jika kamu perbanyak saja konsumsi vitamin C dari makanan dan minuman.

Meski memang tidak sebentar, tapi efek yang akan kamu rasakan adalah kulit cerah permanen. Ini cara yang lebih dianjurkan dibanding suntik vitamin C. Vitamin C sendiri bersifat antioksidan sehingga ketika kamu mengkonsumsinya, maka vitamin akan bisa terserap ke kulit serta bisa hambat produksi melanin. Beberapa makanan yang direkomendasikan yakni jeruk, lemon dan sayur-mayur warna hijau gelap.

Kurangi produksi melanin dengan perbanyak konsumsi vitamin A

Retinol atau vitamin A biasanya ditemukan di produk losion dan juga krim pemutih lantaran khasiatnya yang sudah terbukti bisa memutihkan kulit. Namun, produk tersebut sayangnya tak bisa langsung menembus pada kulit atau kurangi produksi melanin. Tapi sebaliknya jika kamu konsumsi vitamin A itu secara langsung maka tubuh akan mampu merangsang sel epidermis untuk bisa tumbuh gantikan sel kulit yang alami hiperpigmentasi pada sel kulit baru.

Ini lho yang bisa sebabkan adanya perubahan warna kulit jadi lebih terang lantaran produksi dari melanin berkurang. Apabila kamu pakai krim retinol, maka kulit akan bisa jadi lebih bersinar tapi hasilnya sendiri tidak akan permanen dan justru bisa rusak sistem tubuh untuk kendalikan melaninnya. Maka dari itu, konsumsi vitamin A cenderung lebih disarankan.

Hambat pembentukan melain dengan perbanyak konsumsi vitamin K

Vitamin K sendiri adalah vitamin yang bisa diproduksi sendiri di tubuh ketika kulit terkena sinar matahari. Fungsinya adalah untuk lindungi kulit dari bahayanya sinar UV. Namun, reaksinya adalah adanya penggelapan di kulit. Bukan hanya memperkuat tulang saja, tapi vitamin K juga terbukti bisa membantu jadikan warna kulit nampak lebih terang. Apabila terjadi warna kulit berubah lantaran pembuluh kapiler rusak atau bocor, maka konsumsi vitamin K ini bisa membantu memperbaiki juga lho. Gandum, kubis, pepaya, jagung, bayam dan kangkung adalah sumber vitamin K yang baik.

Baca Juga

^  REVIEW: Jungle Botanics Natural Body Glow Nutshell Scrub

^  Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami Menggunakan Tawas

^  Hal Penting dan Wajib yang Harus Kamu Ketahui Saat Sahabat Menjadi Pacar Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Manfaat Tak Terduga Dari Kedelai Hitam Untuk Kesehatan

Kedelai hitam punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan.