tips-agar-buah-hati-anda-tidur-nyenyak-di-malam-hari

Saat buah hati sedang aktif-aktifnya, melihat dia tidur nyaman dan istirahat adalah hal yang membahagiakan. Karena mereka bisa sejenak istirahat dan tidak terlalu capek bermain. Dan anak yang mempunyai waktu tidur cukup dan bisa tidur dengan pulas, dengan begitu akan membantu proses tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Tetapi kadang ada beberapa anak yang tidak dapat tidur dengan pulas ataupun susah tidur. Nah biasanya anak susah tidur disebabkan karena beberapa hal, antara lain :

  1. Telat Tidur

Biasanya setiap anak mempunyai kebiasaan waktu tidur. Jika anak biasa tidur jam delapan, usahakan setiap hari agar dia tidur pada jam tersebut. Karena jika dia telat tidur akan membuat dia menjadi susah tidur. Dan jika dia menyukai hal tersebut, dia akan terus menunda waktu tidurnya.

  1. Tidak Mempunyai Waktu Tidur Rutin

Karena buah hati tidak mempunyai waktu tidur yang rutin, sehingga membuatnya menjadi susah untuk tidur. Buatlah kebiasaan agar dia mempunyai waktu tidur yang rutin. Dan buat aktivitas agar si buah hati tidur tepat waktu dan sesuai dengan jadwal. Seperti menyanyikan sebuah lagu, membacakan dongeng, dan aktivitas ringan lainnya.

  1. Terlalu Lelah

Anak-anak biasanya membutuhkan waktu tidur selama 11-14 jam setiap hari. Tetapi beberapa anak tidak bisa memiliki waktu tidur seperti itu karena aktivitasnya yang padat untuk bermain. Karena aktivitas itu biasanya anak akan merasa lelah dan menjadi susah tidur.

  1. Peralatan elektronik yang Masih Menyala

Alasan kenapa anak susah tidur juga bisa karena adanya peralatan elektronik yang masih menyala di dalam kamar, seperti TV, komputer, video, game, dan gadget. Karena hal ini akan membuat konsentrasi anak tertuju padanya.

  1. Khawatir dan Cemas

Perasaan khawatir dan cemas yang dialami anak kecil juga bisa membuat anak menjadi susah tidur. Dampak lain yang dihasilkan biasanya nafsu makan turun, rewel, dan mudah sakit.

  1. Kurang Tidur Siang

Untuk anak balita, tidur siang memang diharuskan. Karena dengan tidur siang akan membuat anak gampang tidur di malam hari. Biasanya bali memerlukan waktu tidur siang selama dua samapai tiga jam. Jika anak kamu rewel dan mengantuk, biarkan dia tidur siang, yang penting waktu tersebut tidak terlalu dekat dengan tidur malam. Karena jika waktunya terlalu dekat akan membuat anak malah susah tidur.

  1. Terbiasa Dibantu Tidur

Kebiasaan kamu membantu anak untuk tidur, akan membuatnya tidak bisa tidur sendiri tanpa bantuan. Dia akan menangis untuk mendapatkan bantuan agar dia bisa tidur. Jadi biasakan untuk menaruh anak di tempat tidur tetapi jangan menungguinya sampai dia tertidur. Berikan hal yang membuat dia tenang dan membuatnya bisa tertidur sendiri.

  1. Perubahan Siklus Tidur

Ketika anak bertambah umur akan membuatnya mempunyai siklus tidur yang berbeda. Mereka biasanya akan terjaga saat malam hari dan mengantuk di pagi hari. Jadi hal ini hanya perlu membiasakan tidur tepat waktu.

  1. Mimpi Buruk

Karena mimpi buruk yang dialami anak saat tidur, kadang akan membuat anak susah tidur. Walaupun itu hal normal dan tidak berbahaya, kadang hal ini membuat anak takut. Jadi cobalah untuk menenangkannya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

3 Makanan Fermentasi Ini Sangat Baik Buat Kesehatan dan Pencernaanmu

Fermentasi adalah sebuah proses yang melibatkan penguraian gula