Kulit wajah merupakan area yang sering sekali terpapar sinar matahari, kotoran sampai polusi. Belum lagi jika kamu setiap harinya melapisi kulit dengan make up. Tentu hal ini menjadikan kulit wajah pun stres dan rentan. Dengan kondisi demikian, maka momen untuk membersihkan wajah bukan hanya ritual biasa tapi juga adalah ritual yang spesial dan wajib dilakukan sehingga kulit tidak stres.

Banyak wanita yang kerapkali menyepelekan masalah bersih-bersih wajah ini. Dalam aktivitas membersihkan wajah, kamu sangat wajib untuk melakukannya dengan telaten dan sabar sehingga seluruh kotorannya bisa terangkat. Berikut ini beberapa kesalahan dalam hal membersihkan wajah yang masih sering dilakukan oleh para wanita.

1. Malas melakukan double cleansing

Dalam waktu seharian, wajah sudah sering sekali terpapar oleh polusi, kotoran hingga sisa make up dimana bercampur dengan minyak. Hal ini pun menjadikan sebum yang ada di wajah tidak akan bisa hilang dengan mudah begitu saja. Itulah mengapa kamu butuh melakukan perawatan berupa double cleansing. Untuk itu sebelum membersihkan wajah dengan sabun, maka gunakan dulu make up remover sehingga kotoran seluruhnya bisa larut dari pori. Jika sudah, baru kamu bisa melanjutkan proses pembersihannya dengan sabun muka.

2. Sering gonta ganti produk pembersih

Wanita sangat sering penasaran jika ada produk baru yang muncul di pasaran. Hal ini sangat wajar karena mudahnya termakan iklan hingga perkataan teman. Jika demikian, kamu harus bisa menyikapinya dengan bijaksana dan jangan langsung membelinya. Jika kamu sudah merasa cocok dengan produk pembersih wajah milikmu, maka lanjutkan terus pemakaiannya. Namun, ketika kamu merasa kulit sedang dalam kondisi berubah, maka bisa juga mengganti produk pembersih yang cocok.

3. Menggosok wajah dengan keras

Mungkin kamu bermaksud untuk bisa lebih cepat membersihkan sehingga prosesnya digosok-gosok dengan kerasnya ke wajah. Hmm, ini adalah cara yang salah dalam membersihkan wajah mengingat wajah merupakan lapisan kulit yang amat sensitif, apalagi di area mata dan mulut. Jadi lakukan saja dengan hati-hati dan perlahan. Hal ini dilakukan demi bisa kurangi risiko iritasi pada wajahmu.

4. Terlalu menghemat kapas

Membersihkan wajah juga biasanya dilakukan dengan kapas. Tapi umumnya para wanita cenderung sering menghemat penggunaan kapasnya. Apa kamu juga demikian? Perlu diketahui jika satu atau dua kapas saja tidak akan cukup untuk bersihkan seluruh area wajah kamu. Satu kapas saja biasanya hanya bisa bersihkan di area satu mata saja dan sudah penuh make up. Masih dengan satu mata lainnya dan satu area wajah. Wah tentunya butuh kapas cukup banyak dong. Tapi jika khawatir boros kapas, maka ganti saja dengan face towel sehingga usai dipakai bisa dicuci dan dipakai kembali.

5. Penggunaan kapas dengan serat kasar

Pemilihan kapas juga sangat penting untuk menjaga kebersihan wajah dengan maksimal. Untuk itu jangan sampai kamu memilih kapas yang salah ya. Pastikan kapas yang kamu gunakan adalah kapas wajah dengan serat dan tekstur halus. Hal ini lantaran jika kapasnya kasar maka partikel kecil kasar yang ada di kapas akan bisa lukai kulit wajahmu.

Baca Juga Mengenal Perbedaan Manfaat Cleansing Oil dan Micellar Water Dalam Rutinitas Sehari Hari Setelah Make Up Seharian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat