Masih belum makan jika belum menyantap nasi. Siapa yang merasa demikian? Memang masyarakat Indonesia identik dengan makanan pokok berupa nasi sehingga cukup sulit untuk menggantinya dengan karbohidrat yang lain. Padahal, ada banyak sekali jenis karbohidrat mengenyangkan yang juga menyehatkan lho, misalnya oatmeal.

 

Oatmeal memiliki kandungan manfaat yang amat banyak jika kamu konsumsi. Bukan hanya untuk orang yang sedang diet, tapi juga yang tidak diet sekalipun. Selain kandungan seratnya yang tinggi, oatmeal juga mengandung ragam nutrisi lainnya seperti karbohidrat, lemak, serat, protein, kalsium, fosfor, folat dan berbagai macam vitamin lainnya. Tentunya semua itu akan sangat mendukung kesehatan jaringan tubuh, tulang, metabolisme, kekebalan tubuh dan pastinya berbagai macam proses lain.

 

Lebih spesialnya lagi, kandungan karbohidrat yang ada di oat ini berasal dari pati atau tepung halus. Kandungan serat ini termasuk unik dimana mampu berperan untuk turunkan kadar gula, insulin dan kolesterol jahat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat oatmeal yang wajib kamu tahu.

 

Menurunkan dan menjaga berat badan

Bagi para pejuang diet, pasti kamu tahu betapa sulitnya menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap stabil. Nah, oatmeal ini bisa jadi solusi lho dimana kandungan seratnya bisa bertahan lama di perut. Tentunya dengan makan oatemeal maka kamu pun bisa kenyang lebih lama serta mencegah kamu makan terlalu banyak, apalagi mengemil. Hasilnya, pasti berat badan kamu turun dan kemudian bisa lebih stabil.

 

Mengatasi masalah pencernaan

Konsumsi oatmeal juga ditengarai mampu membantu untuk mengatasi masalah pencernaan lho. Itulah mengapa oatmeal kerap disarankan untuk mereka yang memiliki perut besar, kembung, begah dan sulit BAB. Tentu ini juga bagus dong buat kamu yang sedang diet karena pencernaan bisa lancar.

 

Turunkan kolesterol

Oatmeal pun juga mengandung serat dimana diduga bisa menghambat ataupun mengurangi penyerapan dari kolesterol jahat pada usus. Nah, ada baiknya kamu mencampurkan oatmeal dengan bahan makanan lain yang juga kaya serat, misalnya pisang. Konsumsi serat paling tidak 6 gram tiap harinya maka akan bisa kurangi LDL dengan kolesterol total pada tubuh.

 

Kurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung tentu menjadi momok yang sangat menakutkan untuk banyak orang di era modern saat ini. Hal ini lantaran kebiasaan orang saat ini yang malas gerak dan kerap makan makanan junk food. Jika kamu juga termasuk yang memiliki kebiasaan demikian, maka mulai sekarang gantilah karbo yang kamu makan dengan oatmeal. Dengan konsumsi oatmeal dalam waktu beberapa minggu saja, maka LDL akan bisa turun dan kolesterolnya secara total. Jika LDL dan kolesterolnya turun, maka risiko penyakit jantung pun bisa turun.

 

Menjadikan gula darah stabil

Oatmeal sangat kaya dengan serat larut sehingga bisa membantu dalam penyerapan gula. Selain itu oatmeal juga bisa membantu dalam memperbaiki kadar di gula darah. Nah, jika kamu adalah penderita diabetes, maka rajin-rajinlah konsumsi makanan dengan kandungan serat larut ini lantraran mampu kurangi risiko diabetes tipe 2. Bagi kamu yang tidak memiliki diabetes pun tentu lebih bagus lagi.

 

Baca Juga :

Cara Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengatasi Kulit Kering dengan Menggunakan Oatmeal

Jadikan Oatmeal Sebagai Masker Untuk Kulit Lebih Mulus dan Segar

Mengenal Mitos Diet Yang Banyak Di Percaya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perhatikan Kenaikan Berat Badanmu, Inilah Kebutuhan Kalori Saat Hamil

Banyak yang mungkin menyatakan bahwa ketika kamu hamil