Sariawan memang keluhan yang kerap dialami oleh banyak orang secara umum. Biasanya sariawan sendiri kerap muncul dengan tiba-tiba sampai-sampai kamu pun tidak tahu apa yang menjadi penyebab sariawan itu muncul. Memang sih, penyebab sariawan ini sulit dipastikan. Namun, sebetulnya ada beragam faktor yang diketahui untuk memicu kondisi sariawan yakni dengan kurangnya asupan nutrisi, kebiasaan merokok, konsumsi makanan tertentu hingga pemakaian obat tertentu.

 

Terlepas dari sebab umum sariawan tersebut, ternyata ada beberapa hal lainnya yang tanpa kamu sadari bisa sebabkan sariawan lho. Cari tahu yuk!

 

Sikat gigi yang dilakukan terlalu keras

Sikat gigi memang menjadi aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari. Namun, kamu harus tahu cara menyikat gigi yang tepat. Jangan sampai kamu menyikat gigi dengan tenaga yang terlalu keras. Biasanya ini juga karena pemilihan sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras. Ini bisa menjadikan gusi serta permukaan dinding di rongga mulut menjadi terluka. Luka tersebut yang bisa menjadikan sariawan kemudian muncul.

 

Luka tergigit

Bagian lidah, bibir, hingga di bagian dalam pipi kadang tak sengaja bisa tergigit ketika bicara ataupun makan. Ini pun bisa jadi penyebab luka dan berlanjut menjadi sariawan. Kamu juga wajib waspada ketika makan ikan atau menggunakan alat makan karena tak sengaja bisa tertusuk durinya.

 

Penggunaan kawat gigi

Metode merapikan gigi yang dirasa efektif saat ini adalah dengan menggunakan kawat gigi. Kawat gigi juga bahkan sudah jadi tren di kalangan para anak muda kekinian. Tapi jangan hanya melihat kerennya karena ketika menggunakan kawat gigi salah satu risiko yang harus dirasakan yakni dengan munculnya sariawan lho. Alasannya adalah karena di bagian ujung kawat gigi atau tepi yang dapat menggesek bagian permukaan pipi dalam yang berpotensi luka dan sariawan. Bukan hanya kawat gigi, penggunaan gigi palsu juga bisa berefek demikian lho.

 

Buruknya kebersihan mulut

Jika kamu kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, ternyata ini juga bisa jadi penyebab ragam kuman di dalam mulut berkembang yang mengakibatkan infeksi lho. Sariawan sendiri bisa muncul saat infeksi bakteri ini membuat peradangan dan juga luka di mulut. Jadi, pastikan selalu sikat gigi minimal 2 kali sehari dan memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.

 

Cemas dan stres

Rasa cemas dan stres yang timbul karena berbagai macam masalah memang kerap menjadikan kepala pening. Namun, tak hanya kepala saja yang pusing lho, sariawan pun juga bisa timbul. Ya, ternyata beban emosional dan beban fisik bisa jadikan tubuh terasa kelelahan sehingga sariawan bisa muncul. Wah, sama sekali tidak terduga ya ladies. Untuk itu, kamu juga wajib menjaga kesehatan mental kamu demi terhindar dari sariawan.

 

Selain beberapa faktor tersebut, ternyata sariawan pun bisa muncul karena kondisi medis tertentu misalnya penyakit celiac, penyakit crohn hingga lupus dan AIDS. Jadi, jika memang kamu merasakan sariawan yang dalam waktu lebih dari 2 minggu tak kunjung sembuh juga maka langsung hubungi dokter. Dikhawatirkan ada beberapa kondisi yang jadikan sariawan tersebut lama sembuhnya.

 

Baca Juga:

Sembuhkan Sariawan Dengan Cepat Menggunakan Tips Berikut Ini

Gak Ada Salahnya Lho Menambahkan Minyak Esensial Antibakteri Ini Pada Perawatan Kecantikan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Timun Bagus Banget Untuk Kesehatan dan Kecantikan Lho, Simak Ulasan Berikut Ini

Buah timun kerapkali dikonsumsi secara mentah untuk lalapan,