Menikah menjadi hal yang sangat istimewa dalam kehidupan. Tak heran jika banyak orang ingin menjadikan momen pernikahannya istimewa dengan mengadakan pesta yang meriah dan lainnya. Terlepas dari istimewanya momen pernikahan, menikah akan bisa menjadikan kamu pribadi yang berbeda lho. Ini karena dengan menikah, maka kamu hidup dengan pasangan yang tentunya akan memberikan efek berbeda dalam hidupmu.

 

Manfaat menikah bagi kesehatan

Pernikahan juga memiliki keterkaitan dengan kesehatan lho. Bahkan dari studi ilmiah yang sudah dilakukan, menikah mampu memberikan dampak yang positif untuk kesehatan misalnya menjadikan kamu makin bahagia serta panjang umur. Apa saja sih manfaat menikah untuk kesehatan? Berikut ini ulasannya:

 

  • Mendukung kesehatan jantung

Dengan menikah, maka hal ini diyakini bisa menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko terkena serangan jantung dan bahkan stroke lho. Menikah pun bisa kurangi risiko seseorang untuk menderita ragam kondisi lain misalnya hipertensi, kolesterol tinggi hingga kelebihan berat badan.

  • Kurangi risiko kanker

Survey sudah membuktikan jika orang yang menikah ternyata diyakini jarang sekali untuk dirawat di rumah sakit atau terkena sakit yang parah, misalnya saja kanker. Risiko untuk terkena kanker bahkan disebut-sebut lebih kecil pada orang menikah. Tapi karena jenis serta penyebab dari kanker yang cukup beragam, maka ini masih butuh penelitian lanjutan untuk mengetahuinya.

  • Meminimalisir potensi depresi

Ternyata orang yang menikah juga bisa menurunkan potensi depresi dan juga gangguan mental yang lainnya lho jika dibandingkan dengan mereka yang belum atau tidak menikah. Namun, ketika ada seseorang yang berpisah atau bercerai maka risiko depresi akan makin tinggi. Bahkan ketika bercerai, maka seseorang pun kian tinggi potensinya untuk jadi perokok dan juga sering minum-minuman keras.

 

Mengapa menikah bisa memberi manfaat kesehatan?

Sampai saat ini alasan mengapa menikah bisa memberikan manfaat untuk kesehatan masih jadi perdebatan dan butuh penelitian. Namun, berikut ini beberapa kemungkinan mengapa menikah bermanfaat bagi kesehatan:

 

  • Memang sudah sehat sebelum menikah

Seseorang yang memiliki kesehatan baik dan punya pola hidup sehat saat sebelum menikah tentunya akan terus menerapkan ini dalam kehidupan pernikahannya. Nah, dengan alasan ini maka wajar juga jika usai menikah maka pasangan tersebut tetap sehat, apalagi sudah memiliki pendukung yakni pasangannya.

  • Berubah jadi pribadi yang lebih sehat karena pengaruh pasangan

Jika seseorang menikah dengan pasangan yang menerapkan pola hidup sehat, mau tidak mau maka dirinya pun akan terpengaruh oleh kebiasaan pasangan. Kemungkinan perubahan hidup menuju pola yang baik inilah yang bisa menjadikan menikah mampu memberikan dampak efektif untuk kesehatan seseorang.

  • Lebih terkoneksi dari sisi emosional dan sosial

Menikah menjadikan kamu mempunyai sosok teman yang selalu ada dalam tiap waktu dan kondisi. Dirinya pun adalah seseorang yang paling mengerti dirimu dan kondisimu serta menerimamu seutuhnya. Inilah yang menjadikan kamu tidak merasakan kesepian, terhindar dalam isolasi sosial hingga mampu jadi lebih bahagia. Jika kamu sudah bahagia dari segi mental, maka kesehatan fisik pun juga terdukung.

 

 

Baca Juga :

Inilah Alasan Mengapa Lebih Baik Tinggal Secara Mandiri Usai Menikah

Tidak Perlu Pacaran Lama-Lama Dengan Dia, Inilah Alasan Kenapa Kamu Wajib Segera Menikah

Wanita memilih menikah muda? Ternyata, ini loh alasannya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Cara Memberi Tahu Pasangan Bahwa Kamu Sedang Butuh Sendiri

Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan, mungkin kadang