Dalam kehidupan, agama dan spiritualitas adalah aspek yang amat sangat penting. Di dalam agama sendiri ada berbagai macam ritual yang diajarkan dengan turun-temurun di berbagai kebudayaan. Selain untuk sarana dalam mengingat dan mendekatkan diri pada Tuhan, agama ternyata ada hubungan positif dengan kesehatan lho.

 

Penelitian sudah membuktikan jika melakukan aktivitas keagamaan dengan teratur maka bisa menambah harapan hidup hingga 3 tahun lho. Selain itu, seseorang yang rutin beribadah berdasar kepercayaannya pun akan merasakan kedamaian yang lebih di dalam hati, kebahagiaan, ketenangan hingga penuh akan perasaan cinta dan kasih sayang pada sesama. Inilah alasan yang menjadikan agama bisa membuat penganutnya lebih sehat.

 

Agar kamu bisa lebih bersemangat dalam beribadah, maka kamu juga harus tahu manfaat agama untuk kesehatan secara lebih dalam.

 

Ajaran hidup yang sehat

Mayoritas agama mengajarkan para penganutnya untuk melakukan hal yang menyehatkan misalnya meditasi, puasa hingga berdoa. Selain itu, ajaran agama juga selalu mengingatkan penganutnya untuk tidak hidup berlebihan, gaya hidup sehat, menjauhi narkoba, mabuk-mabukan hingga seks bebas. Ajaran hidup yang seperti ini jika dianut sepenuhnya oleh para penganut agama tentu akan menjadikan tubuh senantiasa sehat dan terjaga.

 

Hidup lebih positif

Penelitian menunjukkan jika orang dengan keyakinan agama yang kuat cenderung memiliki pola pikir yang positif dan optimis, memiliki teman banyak hingga dekat dengan keluarga. Semua hal tersebut menjadi faktor yang amat mendukung kesehatan. Dengan pikiran yang senantiasa optimis, maka akan menjadikan tubuh pun lebih sehat sehingga bisa menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi kuat. Harapan hidup ke depan pun juga lebih tinggi. Jangan lupakan juga jika masalah kejiwaan cenderung lebih bisa diminimalisir dengan menganut suatu agama sehingga minim risiko gangguan kecemasan dan depresi.

 

Mendapat dukungan sosial

Jika kamu menganut agama tertentu, tentunya kamu juga akan sering hadir di berbagai acara ibadah dan keagamaan. Dengan demikian, maka kamu pun akan merasa jika kamu menjadi bagian dari suatu kelompok tertentu lantaran kerap bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang seiman. Kelompok beragama tentunya akan saling memberi dukungan sosial antar satu dengan yang lainnya. Hal ini pun menjadikan komunitas keagamaan dapat menjadi sarana wadah positif untuk kehidupan mental serta spiritual.

 

Mengurangi stres

Berbagai macam ritual agama misalnya berdoa juga bisa jadi cara untuk dapat menjaga dirimu dari stres. Dengan bisa mengendalikan diri dari stres dengan baik bisa menjadikan tubuh mampu terhindar dari ragam penyakit misalnya penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Selain itu, seorang yang beragama ketika menghadapi tekanan dalam hidup cenderung kuat dalam hal mental dan bisa bertahan dalam melawan segala masalah di hidupnya.

 

Memberikan tujuan hidup

Agama pun akan menjadikan orang mempunyai tujuan hidup. Ini yang menjadi alasan mengapa di sebuah penelitian ditemukan jika orang beragama punya rasa kebahagiaan yang lebih dan juga kepuasan pada hidupnya. Apalagi di dalam agama sudah dijelaskan jika ada reward untuk setiap kebaikan dan ada balasan untuk tiap perbuatan buruk.

 

Baca Juga :

Dilemma Hubungan Beda Agama? Simak Artikel Ini Yuk!

Sudah Siap Nikah? Yuk Yakinkan Orang Tua Untuk Bisa Mendapatkan Restunya

Biar Beda, Ini Cara Bulan Madu Unik Untuk Kamu Dan Pasangan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Siap-Siap, Inilah Ketidaknyamanan Di Kehamilan Trimester Ketiga Yang Harus Kamu Hadapi

Kehamilan pastinya menjadi momen yang begitu membahagiakan untuk