Usai melakukan aktivitas seharian tentu tubuh membutuhkan istirahat sehingga bisa mengembalikan tenaga. Tidur adalah cara istirahat yang terbaik. Untuk orang dewasa sendiri, waktu tidur umumnya adalah 6 hingga 8 jam per harinya. Dengan tidur, maka tubuh akan bisa kembali bersemangat dan tentunya mengembalikan tenaga yang sudah hilang karena beraktivitas.

Tidur memang aktivitas yang penting. Selain bisa bantu peremajaan pada sel, tidur pun akan bisa jadikan tubuh kembali segar. Jika seseorang memiliki waktu tidur yang kurang, maka bisa jadikan tubuh terus merasakan kelelahan. Meski demikian, seseorang yang tidur terlalu lama pun ternyata juga bisa jadikan masalah kesehatan lho. Berikut ini ulasannya.

1. Menurunkan kesuburan

Studi yang dilakukan di Korea di tahun 2013 lalu menunjukkan jika wanita yang memiliki waktu tidur 7 sampai 8 jam per hari mempunyai tingkat fertilitas lebih tinggi dibanding wanita yang tidur 9 sampai 11 jam per harinya. Meski demikian, sampai saat ini hubungan sebab akibat dari penelitian tersebut juga belum ditemukan. Tapi berdasarkan endokrinologi reproduksi, menyatakan jika kebiasaan tidur akan bisa ubah ritme sirkadian, siklus menstruasi hingga sekresi hormon yang berhubungan dengan kesuburan wanita.

2. Risiko obesitas

Banyak studi yang membuktikan jika kurang tidur akan bisa memperbesar potensi untuk obesitas. Ternyata bukan hanya kurang tidur saja lho karena mereka yang kelebihan tidur juga memiliki potensi yang sama. Ternyata dibandingkan dengan mereka yang tidur selama 7 hingga 8 jam, orang yang kelebihan tidur juga mengalami berat badan naik cukup signifikan dalam waktu beberapa tahun. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian di Quebec.

3. Risiko penyakit jantung

Penyakit jantung disebut-sebut menjadi penyakit paling membunuh nomor satu di dunia. Ternyata tidur berlebih juga bisa menjadikan potensi risiko penyakit jantung pun kian tinggi. Penelitian bahkan sudah dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2012 dimana membuktikan jika tidur lebih dari 8 jam bisa tingkatkan risiko angina hingga gangguan di arteri koroner. Angina sendiri merupakan nyeri di bagian dada sampai leher. Terjadinya anginan ini disebabkan karena kurangnya darah bersih yang dipasok dan mengandung oksigen mengalir menuju otot jantung.

4. Memperparah depresi

Depresi sering dikaitkan dengan seseorang yang memiliki gangguan berupa insomnia. Meski demikian, mereka yang kelebihan tidur pun juga bisa menjadikan depresi kian parah. Hal ini lahtaran terlalu banyak tidur akan menjadikan mood kurang bagus, badan lelah, terasa malas dan tidak semangat. Tentu ini sangat berbahaya sekali untuk yang sedang mengalami stress dan depresi.

5. Punggung sakit

Jika kamu terlalu banyak tidur, maka otot punggung akan menjadi terasa kaku. Apalagi ditambah jika posisi tidur yang kamu lakukan salah sehingga akan bisa menjadikan kram otot hingga rasa kaku berlangsung makin lama. Apabila kamu mempunyai riwayat berupa sakit punggung, maka dengan tidur terlalu lama pun akan bisa jadikan kondisi sakit pungung bisa makin menjadi. Untuk itu pastikan perhatikan kembali waktu tidur kamu sehingga kesehatan bisa tetap terjaga.

Baca Juga 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Meskipun Harga Murah Meriah Tetapi Tau Ngak Sih Kosmetik KW Itu Jorok dan Ilegal? Yakin Masih Mau Beli?

Bagi wanita, kosmetik mungkin menjadi salah satu alat