Gula merah dianggap sebagai salah satu gula terbaik karena manfaat kesehatan dan khasiatnya berbeda dari gula putih biasa yang dikristalisasi. Selain itu, gula merah juga memiliki struktur kimia yang berbeda.

Lalu, apa sebenarnya gula merah itu? Gula merah hanyalah gula putih yang dicampur dengan tetes tebu dan mengandung lebih banyak nutrisi penting daripada gula putih. Tebu adalah sumber potasium makanan yang baik dan menyediakan sejumlah kecil kalsium, magnesium dan vitamin B.

Meskipun gula putih dan gula merah serupa dengan nutrisi dan kalori, satu-satunya perbedaan terletak pada warna, rasa dan proses bagaimana pembuatannya. Gula merah bisa ditambahkan dalam resep yang akan memberi resep tampilan lebih padat dan lembab. Untuk lebih pastinya, inilah beberapa manfaat dari gula merah yang akan kamu dapatkan.

  1. Mencegah Obesitas

Pernahkah kamu  berpikir bahwa gula merah bisa mencegah obesitas? Karena mengandung kalori yang lebih sedikit daripada gula putih biasa, gula merah memang dapat membantu mencegah obesitas. Sehingga, gula merah dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu.

  1. Meringankan Kram Menstruasi

Kalium mineral yang ditemukan di tete tebu, yang dicampur dengan gula membuat gula merah membantu merelaksasi otot rahim dan memudahkan kontraksi yang terjadi saat menstruasi. Selain itu, kalium mencegah kram yang menyakitkan terjadi.

  1. Bebas dari bahan kimia

Gula coklat benar-benar bebas dari bahan kimia, tidak seperti gula putih. Itu karena gula merah mengandung tetes tebu yang terdiri dari mineral penting seperti kalsium, besi, magnesium, potassium dan fosfor. Sehingga, akan  memberikan  tubuh kamu  mineral penting.

  1. Meningkatkan Energi Secara Alami

Gula merah akan memberi kamu  dorongan energi alami dalam waktu singkat. Ini akan memberi kamu  kekuatan sementara dan membantu kamu  terbangun saat kamu merasa lemah. Jadi, jika Andakamu merasa lesu dan kehabisan  energi, tambahkan gula merah ke dalam teh atau kopi kamu.

  1. Sebagai Antiseptik

Gula merah memiliki sifat antiseptik yang membantu penyembuhan luka kecil dan memar. Hal ini karena gula merah terdiri dari sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat mencegah infeksi terjadi pada luka. Jadi, lain kali, jika kamu  mendapatkan luka, tambahkan sedikit gula ke dalamnya.

  1. Membantu Mengatasi Flu

Gula merah telah digunakan sebagai obat yang efektif untuk mengobati demam. Jika kamu  menderita pilek, cukup rebus beberapa air dengan menambahkan sedikit irisan jahe dan beberapa gula merah dan konsumsilah untuk mengatasi flu yang kamu alami.

  1. Memberikan Perlindungan Kulit

Gula merah sangat baik untuk kulit kamu juga, karena dapat menghidrasi dan melembabkan kulit. Selain itu, gula merah juga dapat mengurangi adanya pembengkakan pada kulit, melindungi kulit  dari efek penuaan dan mencegah sel-sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apakah Kamu Mengalami Gejala Kekurangan Vitamin D? Hati-Hati, Ya!

Kamu pasti sudah tahu bahwa tubuhmu butuh vitamin